PVMBG Turunkan Drone untuk Teliti Kandungan Gas yang Dikeluarkan Gunung Agung

Minggu, 19 November 2017 - 20:06 WIB
PVMBG Turunkan Drone untuk Teliti Kandungan Gas yang Dikeluarkan Gunung Agung
PVMBG Turunkan Drone untuk Teliti Kandungan Gas yang Dikeluarkan Gunung Agung
A A A
KARANGASEM - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bekerja sama dengan Tim Aero Terrascan Bandung menurunkan drone untuk mengambil gambar udara kondisi kawah Gunung Agung, Karangasem, Minggu (19/11/2017). Drone dikerahkan juga untuk mengambil sampel gas yang berembus di kawah Gunung Agung karena beberapa waktu terakhir terus mengeluarkan asap sulfatra.

Namun, cuaca yang kurang mendukung membuat misi penerbangan drone ke kawah Gunung Agung tidak memperoleh hasil maksmal. Drone jenis Al 450 hanya berputar pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan tidak mencapai areal kawah, sebelum akhirnya kembali kelandasan.

Tim mencoba menerbangkan untuk kedua kali, namun gagal. Ketika akan mencoba untuk yang ketiga kalinya terpaksa dibatalkan lantaran cuaca makin memburuk.

Salah satu ahli vulkanologi PVMBG Umar Rosidi mengatakan, misi penerbangan drone ini untuk mengambil sampel gas di sekitar kawah Gunung Agung, seperti karbondioksida, sulfurdioksida, serta uap air. "Saat penerbangan pertama alat sensor gas hanya peroleh uap air. Kami sudah dua kali terbangkan drone tapi gagal mendapatkan sample gas yang diinginkan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya untuk drone sekelas AI 450 yang sudah pernah terbang di ketinggian 20 kilometer di atas permukaan laut, semestinya bisa mudah mengambil sampel gas di kawah dengan ketinggian 3.500.

“Waktu penerbangan sebelumnya memang sudah sampai di atas kawah. Hanya belum mendapatkan sampel gas karena pesawat saat itu tidak disertai kamera. Jadi kami tidak bisa memastikan apakah pesawat sudah terbang di atas kawah atau tidak," paparnya.

Dia berharap cuaca segera membaik sehingga pada penerbangan selanjutnya drone bisa terbang di atas ketinggian 3.300 meter di atas permukaan laut dan bisa mengambil sampel gas untuk dianalisis kandungannya oleh PVMBG.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3944 seconds (0.1#10.140)