Vaksinasi Influenza Warnai Puncak Peringatan HKN di Jabar

Minggu, 12 November 2017 - 15:30 WIB
Vaksinasi Influenza Warnai Puncak Peringatan HKN di Jabar
Vaksinasi Influenza Warnai Puncak Peringatan HKN di Jabar
A A A
BANDUNG - Hampir semua orang dipastikan pernah menderita penyakit influenza, terlebih di saat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Penyakit yang disebabkan virus influenza tersebut sangat mudah menular dan berisiko menyebabkan komplikasi penyakit berat.

Beruntung, saat ini, terdapat vaksin influenza yang dapat mencegah seseorang tertular penyakit yang menjengkelkan tersebut. Vaksin yang diproduksi PT Bio Farma tersebut kini bisa diperoleh masyarakat luas, meskipun belum menjadi program rutin pemerintah.

Dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jabar, PT Bio Farma mengenalkan vaksinasi influenza kepada ribuan masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut. Melalui vaksinasi influenza, masyarakat diharapkan terbebas dari penyakit influenza.

"Dalam Peringatan HKN kali ini, kami berikan vaksinasi kepada 1.000 orang pengunjung secara cuma-cuma. Ini bentuk kepedulian kami kepada masyarakat Kota Bandung khususnya dan masyarakat Jabar umumnya," tutur Bagian Pemasaran PT Bio Farma Erwin Setiawan di sela-sela Peringatan HKN Tingkat Jabar di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (12/11/2017).

Erwin menjelaskan, penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Penyakit ini sangat berbahaya karena sangat mudah menular. "Sementara bagi penderita usia lanjut, bisa menyebabkan komplikasi berat, yakni radang paru-paru," katanya.

Karena itu, untuk mencegahnya, masyarakat disarankan melakukan vaksinasi influenza. Dia meyakinkan, vaksinasi yang kerap diberikan kepada jamaah haji dan umrah ini aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan efek samping.

"Namun, vaksinasi ini memang baru bisa diberikan kepada orang yang sudah berusia 12 tahun. Selain itu, karena mengandung telur, kami tidak menyarankan vaksinasi kepada penderita alergi telur," jelasnya.

Erwin mengakui, vaksinasi influenza memang belum menjadi program rutin pemerintah. Karenanya, vaksinasi ini belum bisa diperoleh di pusat kesehatan umum, seperti puskesmas. "Namun, jika ingin mendapatkan vaksinasi ini, masyarakat bisa mendatangi pusat vaksinasi di Bio Farma," katanya.

Lebih jauh Erwin mengatakan, vaksinasi influenza belum dikenal luas masyarakat. Melalui Peringatan HKN, pihaknya berharap, semakin banyak masyarakat mengetahui vaksinasi influenza.

"Kalau kita lihat, hampir semua orang pernah terkena influenza. Idealnya, vaksinasi ini memang diberikan, apalagi bagi orang yang rentan untuk mencegah komplikasi yang berat," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)