Pintu Bendungan Gembiro Dibuka, Warga Pekalongan Panen Ikan

Rabu, 01 November 2017 - 22:10 WIB
Pintu Bendungan Gembiro Dibuka, Warga Pekalongan Panen Ikan
Pintu Bendungan Gembiro Dibuka, Warga Pekalongan Panen Ikan
A A A
PEKALONGAN - Warga Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dan sekitarnya beramai-ramai menangkap ikan di sepanjang aliran Sungai Sengkarang. Kegiatan tersebut adalah merupakan bagian tradisi bedahan atau pembukaan pintu Bendungan Gembiro di Desa Krandon, Kecamatan Kesesi yang dilaksanakan setiap tanggal 1 November.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan Mukaromah Syakoer pada saat pembukaan bendungan menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata bagi masyarakat dan menjadi kalender wisata bagi Pemkab Pekalongan.

"Saat pembukaan bendungan dirangkaikan dengan kegiatan masyarakat seperti tari-tarian, drumband, festival kuliner tradisional, dan lain-lain. Hari ini puncaknya acara pembukaan pintu Bendungan Gembiro," kata Mukaromah.

Bendungan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1930 itu merupakan salah satu penunjang suplai air pertanian di wilayah Kesesi, Sagi, dan Bojong. "Ini setahun sekali (dibuka), untuk mengairi pertanian warga dan juga untuk pemanfaatan sungai sebagai penghasil ikan," katanya.

Menurut Mukaromah, dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dan memaksimalkan pemanfaatan sungai, bulan Mei lalu Pemkab Pekalongan telah menebar 60 ribu bibit ikan di sungai ini. "Pada bedahan bendungan inilah ikan yang dulu ditebar sudah besar dan dapat diambil oleh masyarakat saat air mulai surut."

Kepala Dinas PU Taru Wahyu Kuncoro selaku ketua penyelenggara menyampaikan tujuan pembukaan pintu bendungan ini untuk membersihkan aliran sungai dari endapan lumpur yang berasal dari hulu sungai. Selain itu, kegiatan ini dalam rangka menyambut musim penghujan.

"Dengan surutnya air kita dapat mengontrol kerusakan saluran air secara jelas dan nantinya mampu mengairi persawahan wilayah Kesesi, Bojong, dan Sragi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7433 seconds (0.1#10.140)
pixels