Belasan Rumah Retak, BPBD Minta Tim Geologi Turun

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 15:55 WIB
Belasan Rumah Retak, BPBD Minta Tim Geologi Turun
Belasan Rumah Retak, BPBD Minta Tim Geologi Turun
A A A
BANDUNG BARAT - Belasan rumah warga di Kampung Babakan Salam RT04/11 Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mengalami retak. Kondisi itu sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu.

Bahkan ada satu rumah yang kondisinya sudah miring dan nyaris ambruk sehingga tidak bisa ditempati. “Kami mendapatkan laporan ada 12 rumah yang mengalami retak-retak,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) KBB Dicky Maulana, Sabtu (14/10/2017).

Dicky mengatakan, petugasnya sudah langsung mengecek ke lokasi dan hingga kini warga masih mendiami rumah-rumah mereka kecuali untuk satu keluarga yang rumahnya hampir ambruk. Terkait adanya permintaan agar warga direlokasi pihaknya belum bisa memutuskan karena harus menunggu dulu kanjian soal kondisi tanah di kawasan tersebut.

“Kami sudah meminta ke Badan Geologi untuk turun tangan melakukan kajian teknis tentang kelayakan kondisi tanah di wilayah tersebut. Apakah memang masih aman untuk pemukiman atau tidak. Semoga saja minggu depan hasil kajian itu sudah ada sebagai pegangan kami menentukan langkah selanjutnya,” kata dia.

Kepala Desa Citelam Mauludin, mengungkapkan kejadian retakan di rumah warga itu terjadi tidak sekaligus tapi perlahan-lahan. Biasanya retakan akan muncul setelah turun hujan besar dan itu sudah terjadi dari beberapa bulan lalu. Warga yang merasa khawatir akhirnya melaporkan ini untuk segera ditindaklanjuti.

“Pergeserannya tidak sekaligus. Tapi lama kelamaan pergeserannya kelihatan juga dimana rumah-rumah itu bergeser bangunannya dari tempat semula dan sudah ada satu rumah yang ambruk,” tuturnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8307 seconds (0.1#10.140)