4.444 Bu Nyai Berikrar Menangkan Gus Ipul

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 16:34 WIB
4.444 Bu Nyai Berikrar...
4.444 Bu Nyai Berikrar Menangkan Gus Ipul
A A A
BANGKALAN - Sebanyak 4.444 Bu Nyai dan Mubalighoh dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) berikrar memenangkan Saifullah Yusuf dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jatim. Pernyataan itu disampaikan dalam acara Halaqoh 4.444 Bu Nyai dan Mubalighoh se-Jatim di Pondok Pesantren (Ponpes) Syaichona Moh Cholil, Bangkalan, Jatim, Sabtu (7/10/2017).

Pengasuh Pondok Putri, Syaichona Moh Cholil, Bangkalan, sekaligus ketua panitia kegiatan Hj Muthmainnah Aschal mengatakan, dukungan pada Wakil Gubernur Jatim itu tak lepas dari keberhasilan Saifullah Yusuf dalam mendampingi Gubernur Jatim, Soekarwo selama dua periode.

Ini menunjukkan kematangannya sebagai pemimpin yang mampu menempatkan diri sebagai wakil yang baik. Sehingga, provinsi Jatim semakin maju. "Dengan pengalaman sebagai wakil gubernur (Jatim) selama dua periode, tentu Gus Ipul (Saifullah Yusuf) mampu memahami persoalan Jatim secara utuh," katanya.

Dia menambahkan, Gus Ipul selama ini juga menunjukkan kepeduliannya terhadap madrasah diniyah. Sehingga pendidikan berbasis agama Islam tersebut di Jatim semakin maju dan berkembang. Gus Ipul, kata dia, juga memiliki komunikasi yang baik lintas elemen, organisasi dan kelompok masyarakat lainnya. Baik itu dengan pengasuh ponpes, guru ngaji dan juga umat Nahdliyin lainnya.

"Persoalan kemiskinan, kesenjangan sosial, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan kami yakin akan jadi prioritas kerja Gus Ipul ketika terpilih jadi gubernur Jatim," ujarnya.

Ada sembilan Bu Nyai yang membacakan ikrar dukungan mewakili 4.444 Bu Nyai yang hadir. Mereka adalah Bu Nyai Hj Juwariyah Fawaid dari Ponpes Salafiyah Syafii Sukorejo. Bu Nyai Hj Nadlifatul Qudsiyah dari Bangkalan. Bu Nyai Hj Maftuchah Mustiko Wati dari Jombang. Bu Nyai Idhom Umi Athiyah dari Probolinggo.

Kemudian Bu Nyai Rosidah Yusuf Muhammad dari Jember, Bu Nyai Amina Thohir dari Sidoarjo, Bu Nyai Nihayatus Saadah dari Ponpes Annuqaiyah Guluk-guluk Sumenep, Bu Nyai Hj Nur Izzah dari Ponpes Roudlotul Ulum Pasuruan dan Bu Nyai Hj Qonita As'ad Umar dari Ponpes arul Ulum Peterongan Jombang.

Sementara itu, Gus Ipul mengaku sangat berterima kasih atas dukungan dari Bu Nyai dan Mubalighoh se-Jatim ini. Jika terpilioh menjadi orang nomor satu di Jatim, dia akan terus mengembangkan madrasah diniyah.

Saat ini, Pemprov Jatim sudah mengucurkan dana sebesar Rp400 miliar agar madrasah diniyah bisa semakin bermutu. Tempat kemaksiatan, kata dia, juga akan terus dikurangi. Selama lima tahun terakhir, Pemprov Jatim sudah menutup sejumlah lokalisasi, termasuk di Surabaya, yakni Dolly dan Jarak.

"Kalau saya diberi kesempatan memimpin Jatim,saya akan menjadikan Jatim sebagai provinsi yang ditopang oleh para kiai," katanya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)