Menkes Jamin Ketersediaan Obat untuk Pengungsi Gunung Agung

Kamis, 28 September 2017 - 23:16 WIB
Menkes Jamin Ketersediaan Obat untuk Pengungsi Gunung Agung
Menkes Jamin Ketersediaan Obat untuk Pengungsi Gunung Agung
A A A
CILEGON - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek memastikan ketersediaan obat-obatan untuk para pengungsi Gunung Agung yang kini berada di pengungsian.

"Kami tentu bersama TNI, mitra lainnya membuat posko-posko. Ambulans siap siaga sampai ke Rumah Sakit Sanglah. Kita juga menerima bantuan-bantuan yang lain. Untuk tenaga medis cukup, obat-obatan cukup," kata Nila saat mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Kota Cilegon, Banten, Kamis (28/9/2017).

Selain itu, fasilitas kesehatan di puskesmas, klinik, rumah sakit pun siap siaga menerima pengungsi yang membutuhkan pengobatan. Bahkan, Rumah Sakit Sanglah pun sudah disiagakan untuk menerima limpahan pasien dari pengungsian.

"Di sana ada dua puskesmas, satu klinik pratama di radius 3 kilo, kemudian kita jaga radius setelah 12 kilo rumah sakit di Karangasem. Tapi kita sudah lakukan pergeseran pasien ke rumah sakit di Klungkung, Gianyar," ujarnya.

Nila mengatakan bahwa saat ini sudah banyak pengungsi yang mulai terjangkit sejumlah penyakit. Penyakit ISPA paling mendominasi.

"Pengungsi tentu yang terkena penyakit ISPA paling tinggi. Karena tempat tinggalnya, tempat tidurnya terganggu di tenda, anak-anak sudah mulai terkena infeksi paru-paru," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9507 seconds (0.1#10.140)