Sejumlah Daerah Masih Butuh Bantuan Air Bersih

Selasa, 26 September 2017 - 21:47 WIB
Sejumlah Daerah Masih Butuh Bantuan Air Bersih
Sejumlah Daerah Masih Butuh Bantuan Air Bersih
A A A
SEMARANG - Hujan sudah mulai turun di sejumlah daerah di Jawa Tengah, namun kekeringan masih terjadi di mana-mana.

Salah satunya adalah di Dusun Legaran Gunung, Desa Jatirunggo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dusun yang berada tidak jauh dari Tol Semarang-Ungaran ini masih membutuhkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warganya.

Menurut Kepala Desa Jatirunggo, Nurokhim, Dusun Legaran Gunung paling parah terdampak kekeringan. Warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. "Kami mengapresiasi kepada pihak-pihak yang memberikan bantuan kepada warga kami karena memang sangat membutuhkan," katanya di sela-sela penyaluran bantuan air bersih dari DPD Serikat Pekerja PLN Jawa Tengah dan DIY, Selasa (26/9/2017).

Dalam penyaluran bantuan air bersih itu, DPD SP PLN menyalurkan 6000 liter air untuk warga. Bantuan itu akan terus ditambah jika warga masih membutuhkannya.

Ketua DPD SP PLN Rudy Setyobudi mengatakan, belakangan ini, musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan kekeringan melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Meski hujan sudah turun, lanjutnya namun belum merata dan masih banyak desa yang mengalami kekeringan.

"Berdasarkan data BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jawa Tengah menyatakan 123 Desa di Jawa Tengah berstatus Siaga kekeringan. Kekeringan tersebut mengakibatkan kurangnya pasokan air bersih, tak terkecuali Kabupaten Semarang," katanya.

Ia menambahkan, pemberian bantuan air bersih tidak hanya di Kabupaten Semarang, hal yang sama Rabu (27/9/2017) akan dilakukan oleh DPC SP PLN Yogyakarta di Desa Mancasan Kanigoro dan Desa Ambar Ketawang, Kabupaten Sleman.

Pemberian bantuan ini sebagai salah satu wujud kepedulian SP PLN terhadap bencana kekeringan yang melanda di sejumlah titik di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9132 seconds (0.1#10.140)