Pengudang Bintan Mangrove, Wisata Unik yang Murni Dikelola Warga

loading...
Pengudang Bintan Mangrove, Wisata Unik yang Murni Dikelola Warga
Pengudang Bintan Mangrove, Wisata Unik yang Murni Dikelola Warga
TELUK SEBONG - Di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ada satu objek wisata baru bernama Pengudang Bintan Mangrove. Wisata ini cukup berbeda dari objek wisata lainnya karena tidak dikelola perusahaan dengan padat modal, apalagi oleh perusahaan penanaman modal asing (PMA).

Namun, objek wisata ini murni dikelola kelompok masyarakat dari kalangan nelayan. Iwan Winarto, pimpinan kelompok masyarakat pengelola wisata Pengudang Bintan Mangrove mengatakan, semangat pengelolaan wisata mangrove Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong ini untuk memberdayakan pemuda setempat yang pada umumnya berprofesi nelayan.

Dengan membuka wisata mangrove sekaligus mengkampanyekan pelestarian lingkungan, menjaga pohon mangrove, ekosistem dan habitatnya dari perusakan.

“Kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa pelestarian lingkungan tanaman bakau, laut, padang lamun, penyu, juga dugong (ikan duyung) memberikan keuntungan materi, berupa penghasilan dan pendapatan untuk keluarga,” kata Iwan, di Desa Pengudang, Teluk Sebong, Rabu (20/9/2017).



Selama setahun terakhir ia tak lelah mengajak pemuda desa agar bergabung dengannya, untuk mempromosikan paket wisata mangrove dengan cara memposting melalui media sosial (medsos) seperti facebook. Banyak halangan dan rintangan dari internal pemuda-pemuda yang diajak, bahkan sebagian ada yang menertawakan.

“Tetapi semua itu menjadi pelajaran bagi kita, agar kita tidak lelah berusaha,” ia menceritakan.

Setelah hampir setahun ia berusaha, saat ini sudah ratusan turis asing dan lokal berdatangan, mengikuti paket wisata tour Pengudang Bintan Mangrove. Bahkan salah satu stasiun televisi swasta juga pernah mengangkat tour tersebut.



Paket tour yang memadukan penjelajahan sungai mangrove Pengudang sejauh empat kilometer, dipenuhi rimbunnya pepohonan puluhan spesies pohon mangrove seperti aneka macam spesies Rhizophora. Berbagai spesies Bruguiera, Xylocarpus, maupun berbabagi jenis pandan dan palm, menjadi daya tarik tersendiri.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top