Ribuan Ekor Baby Lobster Dilepaskan di Pulau Manis

Senin, 11 September 2017 - 20:42 WIB
Ribuan Ekor Baby Lobster Dilepaskan di Pulau Manis
Ribuan Ekor Baby Lobster Dilepaskan di Pulau Manis
A A A
BATAM - Polda Kepri dan pihak Karantina Perikanan dan Kelautan melepas ribuan ekor baby lobster usai melakukan ekspose hasil penangkapan penyelendupan hewan itu, Senin (11/9/2017).

Sebanyak ribuan ekor baby lobster dibawa menuju Pulau Manis untuk dilepaskan ke habitatnya. Selama pelepasan itu, kondisi baby lobster terlihat tak sadarkan diri karena pelaku penyelundup memberikan oksigen khusus untuk menidurkan ribuan baby lobster.

Setelah semua plastik dibuka, petugas kemudian memasukkan air laut hingga semua baby lobster tersadar dan dilepaskan ke dalam laut. Menurut Ashari, pelepasan ribuan baby lobster ke habitatnya harus dilakukan dengan waktu tertentu.

"Jika melewati jam yang telah ditentukan, semua baby lobster akan mati semua," ungkap Kepala Karantina Perikanan dan Kelautan Ashari Syarief.
Ribuan Ekor Baby Lobster Dilepaskan di Pulau Manis

Ashari menambahkan, modus penyelundupan baby lobster selama ini kerap terjadi di Batam. Modusnya bermacam-macam, ada yang melalui lewat kargo pesawat, kapal dan juga dengan modus seperti ini.

"Karena penyelundupan ini sangat menggiurkan. Semoga instansi terkait termasuk kami akan terus berupaya menggagalkan penyelundupan baby lobster," katanya.

Sebelumnya, Polsek KKP Polresta Barelang membekuk seorang penyelundup baby lobster di Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam, Kepri, Senin (11/9/2017) pagi. Sebanyak 3.500 baby lobster yang rencananya akan diselundupkan ke Singapura berhasil diamankan polisi.

Khoerul (30), kurir yang merupakan tersangka mengaku mendapatkan upah 50 Dollar Singapura. Sementara harga ribuan baby lobster itu diperkirakan Rp230 juta.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6906 seconds (0.1#10.140)
pixels