Dubes Inggris Juluki Alex Strong Leadership

Rabu, 23 Agustus 2017 - 20:36 WIB
Dubes Inggris Juluki Alex Strong Leadership
Dubes Inggris Juluki Alex Strong Leadership
A A A
PALEMBANG - Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengagumi kepemimpinan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin dan mendukung pembangunan listrik hemat energi dan kamera pengawas di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC).

Itu terungkap saat Gubernur Alex Noerdin menghadiri Lunch Meeting bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di Kediaman Duta Besar Inggris di Jalan Patra Kuningan Raya.

"Dari pertemuannya kali ini tertuang beberapa hal menarik. Di antaranya mendukung pembangunan listrik hemat energi dan sistem kamera pengawas di kawasan olahraga Jakabaring Sport City, dan mewujudkan Musi Banyuasin terang benderang melalui pembangunan perlistrikan di area terpencil akan segera terwujud," ujar Alex, Rabu (23/8/2017).

Pertemuan ini juga sebagai tindak lanjut pembangunan hidrogen power plant di Kecamatan Lalan Musi Banyuasin (Muba) dan pengembangan kerjasama restorasi landskape di Kawasan Dangku yang didukung oleh Pemerintah Inggris.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik juga mengungkap kekagumannya Alex Noerdin. Bahkan menyebut Alex sebagai gubernur strong leadership.

Dimana kenyataannya di bawah kepimimpinan Alex Noerdin, Sumsel menjadi provinsi yang maju, dan tak kalah membanggakan Sumsel meraih keberhasilan sebagai tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yakni Asian Games 2018 mendatang.

"Strong leadership yang dimiliki Gubernur Sumsel harus diikuti oleh banyak pihak, sebab kemajuan daerah terletak pada pemimpinnya," tuturnya.

Dubes Inggris untuk Indonesia juga mengapresiasi kinerja Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex. Di mana dikatakanya sangat aktif untuk mencari dukungan dan kerjasama untuk Muba yang lebih maju.

"Kami akan dukung pembangunan kelistrikan dan restorasi lanskap di Kabupaten Musi Banyuasin," pungkasnya.

Mendengar langsung JSC akan segera didukung penuh oleh Pemerintah Inggris dalam penghematan energi dan CCTV, sontak saja mendapat apresiasi dari Gubernur Sumsel. Lebih-lebih pada momentum Asian Games nanti Pemerintah Inggris dan Ecubes Arcola menjadi showcase kendaraan hydrogen car pertama di dunia.

"Pemprov Sumsel menyambut baik kerja sama yang terjalin ini, selain JSC memang akan menjadi kota green sport city, Sumsel juga mendahului Tokyo dua tahun lebih awal menggunakan hydrogen car di dunia," ungkap Alex.

Alex turut menuturkan, Sumsel dalam hal memelihara JSC dilakukan dengan sungguh-sungguh mulai dari tahun 2004 berkomitmen untuk mempromosikan diri melalui cabang olahraga.

Terbukti lanjut Alex, Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games 2011, 2013 Islamic Solidarity Games, 2014 Asean University Games, dan yang akan mencetak sejarah baru yakni terselenggarnya Asian Games pertama di Bumi Sriwijaya dan kedua di Indonesia.

Menyangkut kerja sama yang akan terealisasi, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengungkapkan, Pemerintah Inggris melalui UK Climate Change Unit (UKCCU) telah berkerja sama restorasi hutan di kawasan Dangku yang akan diperpanjang hingga tahun 2020 yang kini sedang dikelola oleh ZSL.

Seperti diketahui, pembangunan pembangkit listik di Muba adalah kerja antara Pemkab Muba melalui Perusda Muba Electric Power dengan PT PP Energi dan Ecubes Arcola. Rencananya akan dibangun floating power plant 10 mw suatu pembangkit bersifat bergerak mengambang yang dapat memasuki kawasan terpencil.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3602 seconds (0.1#10.140)