Aa Gym Disebut-sebut Berpeluang Kuat Jadi Cawagub Jabar

Selasa, 08 Agustus 2017 - 17:02 WIB
Aa Gym Disebut-sebut...
Aa Gym Disebut-sebut Berpeluang Kuat Jadi Cawagub Jabar
A A A
BANDUNG - Sejumlah figur calon gubernur dan calon wakil gubernur terus bermunculan jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Berdasarkan catatan SINDOnews, sedikitnya ada 20 nama bakal calon gubernur yang akan ikut bertarung dalam Pilgub Jabar 2018, nanti.

Lalu, siapa kandidat paling kuat yang akan maju menjadi calon wakil gubernur (cawagub) dalam Pilgub Jabar 2018, mendatang. Salah satu figur yang disebut-sebut bakal meramaikan kursi cawagub adalah pendiri pondok pesantren Daarut Tauhiid, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

Seperti diketahui, untuk posisi cagub ada tiga nama yang selalu muncul dalam sejumlah lembaga survei. Mereka memang dinilai memiliki popularitas dan elektibilitas tinggi. Ketiga nama itu adalah Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jabar; Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Pengamat politik dari Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan Yusuf mengatakan, munculnya tiga nama yang akan bertarung di Pilgub Jabar saat ini masih belum mutlak akan menjadi cagub. Ketiga nama yang selalu muncul dalam lembaga survei itu bisa saja menjadi cawagub.

"Tiga nama ini sebenarnya belum mutlak menjadi cagub Jabar. Belakangan muncul peryataan dari parpol bahwa ada kemungkinan hanya dua poros saja yang muncul. Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar. Tapi, ini kemungkinan akan pecah lagi,” kata Asep saat dihubungi SINDOnews, Selasa (8/8/2017).

Dia menyebutkan, saat ini nama untuk cawagub masih belum eksplisit muncul ke publik. Misalnya, balon cagub dari Golkar yakni Dedi Mulyadi. Sosok ini juga masih belum jelas apakah akan maju sebagai cagub atau cawagub.

Namun, kata dia, sejumlah nama yang memiliki peluang kuat menduduki kursi kedua adalah figur yang di luar kader politik atau berdasarkan hasil survei berada di posisi ketiga. Seperti diketahui, sejumlah nama yang muncul di luar kader politik untuk maju dalam pilgub Jabar adalah Sekretaris (Sekda) Jabar Iwa Karniwa; Pendiri pondok pesantren Daarut Tauhiid Abdullah Gymnastiar (Aa Gym); Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal; atau cucu Proklamator Soekarno, Puti Soekarno Putri.

“Jadi, posisi wakil ini masih sulit diprediksi. Tapi, nama yang berada di luar kader dan menduduki posisi ke-3 hasil survei memiliki peluang menjadi cawagub seperti Aa Gym, Iwa Karniwa, Agung Suryamal, atau Puti Soekarno Putri," jelasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0080 seconds (0.1#10.140)