Pemkab Muba Apresiasi Kerja Tim Ekspedisi Musi River

Senin, 31 Juli 2017 - 21:34 WIB
Pemkab Muba Apresiasi Kerja Tim Ekspedisi Musi River
Pemkab Muba Apresiasi Kerja Tim Ekspedisi Musi River
A A A
SEKAYU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, Provinsi Sumatera Selatan memberikan apresiasi tinggi kepada tim Ekspedisi Musi River (EMR) Kibar Bendera Asian Games, yang digagas Mahasiswa Pecinta Alam Gema Persada Lh Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang (FP-UMP). Pemkab Muba bahkan turut berpastisipasi dalam sejumlah kegiatan yang dilalukan tim ekspedisi selama di Kota Sekayu.

"Kami mengucapkan terima kasih, terlebih kegiatan ini telah memberikan banyak dampak positif ke masyarakat, diantaranya melaksanakan kegiatan bakti sosial dan cinta lingkungan. Pemerintah Kabupaten (Muba) tentunya terlibat dengan mengambil peran dalam kegiatan positif seperti ini," tutur Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Muba H Sulaiman Zakaria, saat melepas keberangkatan tim EMR di Sekayu Waterfront, Senin (31/7/2017).

Tim EMR sendiri melanjutkan misi pengarungan di Sungai Musi dengan menggunakan rakit tradisional menuju Kabupaten Banyuasin dan direncanakan finish di Kota Palembang, pada 17 Agustus mendatang.

Selama di Sekayu, tim yang beranggotakan sembilan mahasiswa berikut panitia pelaksana melakukan berbagai kegiatan, seperti mengambil data ekosistem sepanjang aliran sungai, data kearifan lokal masyarakat, perubahan bentangan alam sepanjang aliran Sungai Musi dan pengambilan sampel air di sejumlah titik sepanjang rute yang dilalui penyusuran.

Yang tak kalah penting, tim mengemban misi mensosisalisasikan ke masyarakat bahwa Sumsel menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games 2018.

Dalam kesempatan itu, tim dan panitia ekspedisi juga menyerahkan bantuan sosial kepada Panti Asuhan Elnusa, menanam pohon di pinggir Sungai Musi, serta melepas 5.000 bibit ikan bantuan dari Pemkab Muba.

Sementara itu, Kapten EMR Walius Putrawan melaporkan, sejauh ini perjalanan yang ditempuh tak ada hambatan berarti, kendati rute pengarungan Sungai Musi makin melebar dan arus makin kencang. Ini lantaran wilayah Sungai Musi yang berada di wilayah Kabupaten Muba menjadi tempat bermuaranya sejumlah anak sungai.

Karena kencangnya arus bahkan ada sebagian arus yang berputar, membuat rakit bambu yang digunakan mengalami kerusakan. “Bambu-bambu yang rusak tadi telah diganti dengan yang baru. Mudah-mudahan perjalanan ini tetap lancar, dan rakit yang kami gunakan bisa sampai di Palembang dengan selamat,” kata Walius.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5389 seconds (0.1#10.140)