3 Bupati Ini Siap Bertarung di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah

Rabu, 26 Juli 2017 - 21:15 WIB
3 Bupati Ini Siap Bertarung di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah
3 Bupati Ini Siap Bertarung di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah
A A A
SEMARANG - Bupati Pemalang Junaidi menjadi bupati ketiga yang telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) yang dibuka DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng). Junaidi mengutus Ketua DPRD Pemalang Agus Sukoco mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Rabu (26/7/2017).

Sebelumnya pada Senin 24 Juli 2017, Bupati Kudus Musthofa juga telah mengambil formulir di hari pertama pembukaan pendaftaran cagub-cawagub. Musthofa juga mengirim utusannya, Sekretaris DPC PDIP Kudus Yusuf, mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD PDIP Jateng. Sementara Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya juga melalui utusannya mengambil formulir pendaftaran ke Kantor DPD PDIP Jateng pada hari kedua, Selasa 25 Juli 2017.

Agus Sukoco menyatakan, Bupati Pemalang Junaidi pantas untuk bersaing karena mempunyai bekal politik dan kemampuan yang memadai. Selain modal leadership dalam memimpin Kabupaten Pemalang, Junaidi juga merupakan ketua DPC PDIP Pemalang. “Semoga nanti rekomendasi bisa turun untuk Junaedi,” ujarnya.

Sementara Bupati Kudus Musthofa menyatakan keseriusannya untuk maju di Pilgub Jateng 2018. Itu telah dibuktikan dengan pengambilan formulir di hari pertama pendaftaran. “Bagi saya, ini (pendaftaran) menunjukkan keseriusan maju di Pilgub Jateng,” kata Musthofa.

Sementara itu, DPD PDIP Jateng melakukan survei mendalam terkait persepsi publik terhadap sejumlah tokoh. Hasilnya akan menjadi acuan bagi partai dalam menentukan figur yang akan diusung. “Jika orang yang bersangkutan surveinya bagus, akan kami dorong untuk daftar di PDI Perjuangan,” kata Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto.

Dia menjelaskan, survei persepsi publik ditujukan pada sejumlah tokoh, utamanya figur yang dikenal masyarakat. Nama yang disurvei bukan hanya kader-kader internal partai yang memiliki potensi, namun juga kader partai lain.

Terpisah, Partai Gerindra mulai menampakkan keseriusannya mempersiapkan calonnya dalam menghadapi Pilgub Jateng 2018 mendatang. Wakil Ketua DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro mengungkapkan, sudah ada lima nama yang diusung untuk menghadapi Pilgub Jateng. “Dari kelima nama yang diusung, tiga merupakan kader internal Gerindra dan dua nama dari eksternal partai,” ujar Sriyanto, Rabu (26/7/2017).

Dia menyebutkan, dua nama yang berasal dari luar Partai Gerindra adalah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said dan pengusaha media Semarang, Kukrit SW. Sementara tiga nama internal yakni, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Haji Abdul Wahid, Rahayu Saraswati Djoyohadikusumo yang merupakan anggota DPR RI Dapil IV dan juga putri Hasyim Djohadikusumo, serta Feri Yuliyantono yang sekarang menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Dia mengatakan, kelima nama yang diusung tersebut dipersilakan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Kami tentu akan melihat sejauh mana elektabilitas dan popularitas masing-masing nama yang diusung,” pungkas Ketua Desk Pilkada DPD Partai Gerindra Jateng ini.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)