2.474 Jamaah Haji Asal Kota Bandung Siap Diberangkatkan

Rabu, 26 Juli 2017 - 19:42 WIB
2.474 Jamaah Haji Asal Kota Bandung Siap Diberangkatkan
2.474 Jamaah Haji Asal Kota Bandung Siap Diberangkatkan
A A A
BANDUNG - Sebanyak 2.474 jamaah haji asal Kota Bandung siap diberangkatkan tahun ini. Jumlah jamaah haji tersebut terbagi dalam 11 kelompok terbang (kloter). Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung Yusuf Umur mengatakan, pemberangkatan jamaah haji kloter pertama ini akan dilaksanakan pada Jumat 28 Juli 2017.

"Tahun ini Kota Bandung memberangkatkan sekitar 2.474 jamaah haji dengan jumlah 11 kloter. Kloter pertama akan berangkat pada 28 Juli mendatang," kata dia disela Bimbingan Manasik Haji Tahap 2 di Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (26/7/2017).

Dia menyebutkan, seluruh jamaah haji telah mempersiapkan diri termasuk mengikuti manasik haji tahap dua yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Kota Bandung.

"Bimbingan Manasik ini bertujuan untuk mewujudkan pembinaan fisik yang sesuai dengan tuntunan syariat Islam dan memantapkan jamaah haji yang mandiri dan mabrur. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan persatuan bangsa," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berpesan agar jamaah haji yang berangkat untuk menjaga kesehatan selama perjalanan serta fokus menjalankan ibadah ketika tiba di tanah suci nantinya.

Emil sapaan akrab Wali Kota Bandung juga meminta doa kepada jamaah yang akan berangkat untuk kemajuan Kota Bandung serta para pemimpinnya dalam menjalani setiap tugasnya.

"Titip doa untuk kemajuan Kota Bandung serta para pemimpinnya untuk senantiasa menjadi Amanah dan diberikan kelancaran dalam menjalani setiap tugasnya," kata Emil dihadapan jamaah haji Kota Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bandung juga memberikan tips kepada jamaah agar selalu memfokuskan pikiran selama beribadah. Karena, kata dia, ibadah haji pada dasarnya adalah ibadah fisik.

"Saya dinasihati dokter saya, badan mah gimana pikiran. Kalau pikiran kita sehat, maka tubuh kita akan ikut sehat," katanya.

Dia menggambarkan bagaimana orang-orang yang tengah sakit bisa sangat sehat ketika beribadah haji. "Karena itu dipengaruhi oleh jiwa dan pikiran yang positif," ungkap dia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4825 seconds (0.1#10.140)