Wabup Musi Rawas Berangkatkan Tim Menuju Sekayu

Senin, 24 Juli 2017 - 23:38 WIB
Wabup Musi Rawas Berangkatkan Tim Menuju Sekayu
Wabup Musi Rawas Berangkatkan Tim Menuju Sekayu
A A A
MUSI RAWAS - Wakil Bupati Musi Rawas (Mura) Suwarti melepas keberangkatan Tim Ekspedisi Musi River Kibar Bendera Asian Games dari Dermaga Muara Kelingi untuk melanjutkan perjalanannya menuju Sekayu, Kabupaten Muba. Dalam sambutannya, Wabup berpesan kepada seluruh anggota tim dan panitia pelaksana untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kekompakan selama di perjalanan.

Wabup juga tak lupa menitip pesan kepada seluruh anggota tim, untuk ikut mempromosikan segenap potensi yang ada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Musi, terkhusus dalam kawasan Kabupaten Mura, termasuk mengampanyekan pelestarian lingkungan kepada masyarakat yang dijumpai.

"Tugas melestarikan dan menjaga lingkungan itu tanggung jawab kita semua, termasuk seluruh lapisan masyarakat. Tanpa peran aktif masyarakat, mustahil tugas besar dan mulia ini bisa kita selesaikan," kata Wabup, Senin (24/7/2017).

Sebelum memberangkatkan tim, Wabup Mura beserta unsur Muspida Mura dan jajarannya melakukan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan, berikut memberikan sejumlah bantuan untuk kebutuhan tim selama di perjalanan.

Selain Wabup Mura, sejumlah pejabat yang hadir di antaranya Kadispora Mura H Heriyanto, Camat Muara Kelingi Firdaus, Kapolsek Muara Kelingi AKP Safarudin, Danramil 0406, Lurah Muara Kelingi Timor, termasuk ratusan masyarakat dan anak sekolah yang terlihat antusias melepas keberangkatan tim.

Ketua Panitia Sugih Abdurrahman alias Kibo mengatakan, sejauh ini misi pengarungan yang dilakukan tim yang tergabung dalam kelompok pencinta alam Gema Persada LH FP-UMP ini, tidak menemui kendala berarti.

"Paling kondisi rakit bambu berukuran 4x8 meter yang dikendarai tim, butuh perbaikan ringan. Tiap hari rakit yang digunakan dicek kekuatannya. Apakah masih layak pakai atau sudah harus diganti," ujar Kibo.

Kapten Tim Walius Putrawan menambahkan, sepanjang perjalanan tim ekspedisi menyempatkan singgah di sejumlah desa/dusun yang dilewati. Sembari menginap, anggota tim melakukan sosialisasi pedesaan, penanaman pohon, penebaran benih ikan, mengambil data habitat dan ekosistem sepanjang aliran sungai (DAS), data kearifan lokal masyarakat, termasuk data perubahan bentangan alam di sepanjang DAS Musi akibat masifnya aktivitas di bagian hulu sungai, serta pengambilan sampel air sepanjang jalur pengarungan di koordinat tertentu.

"Yang tak kalah penting, kegiatan ini dijadikan ajang sosialisasi kepada masyarakat bahwa Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan mengimbau juga kepada masyarakat untuk ikut andil dalam menyukseskan Asian Games 2018 dengan cara melestarikan lingkungan serta menjaga dan memaksimalkan semua potensi yang ada," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0340 seconds (0.1#10.140)