Usia 86 Tahun, Calon Haji Tertua Asal Banyumas Ini Tetap Bugar

Jum'at, 21 Juli 2017 - 16:44 WIB
Usia 86 Tahun, Calon Haji Tertua Asal Banyumas Ini Tetap Bugar
Usia 86 Tahun, Calon Haji Tertua Asal Banyumas Ini Tetap Bugar
A A A
BANYUMAS - Usia lanjut tidak menjadi penghalang bagi warga asal Banyumas, Jawa Tengah ini untuk menunaikan ibadah Haji ke Tanah Suci.

Di usianya yang menginjak 86 tahun telah mencatatkannya sebagai calon haji tertua asal Banyumas. Meski lanjut usia, Yaspingi tampak masih bugar dan sehat. Untuk menjaga staminanya itu, kakek dengan tujuh anak dan belasan cucu dan ini ternyata rajin bersepeda.

Kegiatan bersepeda ini sudah lama dilakukannya. Ia setiap pagi naik sepeda onthelnya untuk sekadar berkeliling desa. Kebiasaan bersepeda ini dilakukannya demi menjaga staminanya saat mengikuti ibadah haji nanti.

Tak hanya bersepeda, Yaspingi juga ternyata masih kuat membersihkan kebun dan merumput. Pekerjaan seperti ini bahkan sering ia lakukan dari pagi hingga menjelang sore. Menurutnya, hal ini juga salah satu usaha untuk memantapkan staminanya menjelang keberangkatan haji yang rencananya berangkat 10 Agustus melalui embarkasi Solo.

Bagi Yaspingi, keberangkatannya ke Tanah Suci ini merupakan yang pertama kali tanpa ditemani istri yang kondisinya lemah dan sulit berjalan. Yaspingi sendiri mengaku senang dan terharu bisa berangkat ke Tanah Suci. Wajar saja, semua umat Islam ingin mendirikan salat di depan Ka’bah atau berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

Adapun usaha yang dilakukannya agar bisa berangkat haji adalah dengan menabung. Yaspingi menabung dari hasil menjual padi. Meskipun jadwal keberangkatan haji masih lama, dia sudah menyiapkan semua peralatan keperluan hajinya.

Sementara dalam hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di laboratorium, kondisi kesehatan Yaspingi tergolong baik. Ia hanya mengalami sedikit gangguan pendengaran karena tergolong lanjut usia.

Kakek yang lahir tahun 1931 silam ini mengaku sudah siap lahir batin untuk berangkat haji. Dia juga sudah mengikuti semua kegiatan manasik haji dengan lancar. “Minta doanya kepada semua warga dan saudara agar bisa berangkat haji dan pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur,” tuturnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6593 seconds (0.1#10.140)