Ternyata Tak Ada Retribusi Kapal Luar Daerah Berlabuh di Pati

Rabu, 19 Juli 2017 - 11:27 WIB
Ternyata Tak Ada Retribusi Kapal Luar Daerah Berlabuh di Pati
Ternyata Tak Ada Retribusi Kapal Luar Daerah Berlabuh di Pati
A A A
PATI - Banyaknya kapal nelayan yang berlabuh di sepanjang alur Sungai Silugonggo kawasan Pulau Seprapat hingga Pelabuhan Juwana, Pati, Jawa Tengah teryata tak dipungut biaya retribusi meski bersandar cukup lama. Kapal-kapal itu tak hanya milik warga setempat, melainkan juga berdatangan dari luar daerah.

"Kalau dari kapal bersandar dan berlabuh itu kita belum mendapatkan dalam arti retribusi. Kita hanya ketempatan saja. Pemda hanya menerima dari pelelangan ikan di TPI, di situ kita baru mendapatkan retribusi," kata Bupati Pati Haryanto, Rabu (19/7/2017).

Menurutnya, pemda tidak menetapkan retribusi bagi kapal-kapal yang berlabuh tersebut karena belum ada payung hukumnya.

"Kita hanya mendapat kontribusi retribusi dari TPI, ketika mereka ikut lelang ikan. Kalau dari sandar kita enggak (dapat kontribusi), belum ada perda (peraturan daerah)," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, banyak kapal dari luar daerah yang turut bersandar di kawasan Pulau Seprapat dan sekitarnya dalam waktu lama.

Mereka memilih lokasi tersebut karena aman dari gempuran ombak. Selain itu, pemilik kapal juga tak perlu khawatir terhadap aksi pencurian yang menyasar isi kapal.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5767 seconds (0.1#10.140)