Bandung Jadi Kota Pertama di Indonesia yang Peduli Lansia

Minggu, 16 Juli 2017 - 15:55 WIB
Bandung Jadi Kota Pertama...
Bandung Jadi Kota Pertama di Indonesia yang Peduli Lansia
A A A
BANDUNG - Lembaga Prestasi Indonesia Dunia memberikan penghargaan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil karena telah menjadi kota pertama yang peduli terhadap lansia di Indonesia. "Kota Bandung adalah kota peduli lansia pertama di Indonesia, ujar Paulus Pangka, pendiri Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, dalam acara launching Gerakan Minggu Lansia, di Balaikota, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (16/7/2017).

Paulus berharap, kota lain di Indonesia dapat meniru ide dan inovasi Kota Bandung untuk ikut peduli terhadap lansia.

Sementara itu, Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil menilai, para Lansia menjadi komponen masyarakat yang kerap kurang mendapatkan perhatian dalam pembangunan. Padahal, Kota Bandung dibangun tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pria dewasa, melainkan juga harus ramah untuk anak-anak, perempuan, dan lansia.

Menurut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, di Kota Bandung sudah ada 2.100 relawan yang siap menemani lansia agar tidak kesepian.

Para lansia yang tidak memiliki sanak-saudara akan ditemani oleh relawan untuk melaksanakan aktivitas yang menyenangkan. Seperti mengobrol, berolah raga, atau berjalan-jalan selama seharian penuh.

"Jadi, terserah mereka (antara lansia dan relawan). Asal jangan dibawa ke KUA (kantor urusan agama)," kata Kang Emil.

Dia mengatakan, gagasannya ini terinspirasi dari salah seorang veteran yang berusia 107 tahun. Menurutnya, veteran tersebut merasa kesepian dan butuh perhatian.

"Maka kita ciptakan program ini agar para lansia juga bisa hidup berbahagia tinggal di Kota Bandung," katanya.

Emil pun bersyukur, inovasi ini mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid) sebagai gagasan pertama di Indonesia atas kepedulian terhadap lansia melalui program Minggu Lansia dan pembentukan Sahabat Peduli Lansia.

"Kami berharap program ini bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia, agar tidak hanya di Bandung lansianya bahagia, tetapi se-Indonesia," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)