Selama Libur Lebaran, Wisatawan Ramai Kunjungi Gunung Banyak

Sabtu, 01 Juli 2017 - 14:36 WIB
Selama Libur Lebaran,...
Selama Libur Lebaran, Wisatawan Ramai Kunjungi Gunung Banyak
A A A
KOTA BATU - Kesejukan udara Kota Batu, yang diapit banyak gunung menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, untuk menikmati libur Lebaran. Salah satu lokasi yang jadi tujuan wisatawan, adalah Gunung Banyak.

Kawasan perbukitan dengan ketinggian 1.315 meter di atas permukaan laut (mdpl), tersebut masuk wilayah Desa Songgokerto, Kota Batu, tersebut. Keindahan pemandangan kota wisata, dan hijaunya hutan pinus, dengan udara sejuk, terhampar di sini.

Para wisatawan, juga akan dimanjakan berbagai jenis kuliner khas pedesaan yang banyak dijajakan pedagang di kawasan puncak gunung. Selain kuliner, gunung ini juga menjadi pusat kegiatan olahraga paralayang. Warna-warni payung atlet paralayang, setiap saat akan menghiasi langit biru.

Wisata ke Gunung Banyak, sangat terjangkau. Pengunjung, bisa mengendarai sepeda motor, maupun mobil hingga ke dekat puncak gunung. Setiap masuk kawasan tersebut, pengunjung dikenakan tarif Rp10.000/orang.

"Udaranya sejuk, dan pemandangannya indah. Cocok untuk wisata keluarga," ujar Ny Irnawati (36), seorang wisatawan asal Kota Malang.

Dia datang ke Gunung Banyak, bersama seluruh anggota keluarganya. Masa libur lebaran, dimanfaatkannya untuk mengenalkan alam terbuka kepada anak-anaknya. Sambil menikmati atraksi menantang paralayang, dan kabut tipis pegunungan.

Pada masa liburan, kawasan ini selalu dipadati wisatawan. Mereka begitu menikmati wisata murah meriah ini. Selain bisa menikmati jagung bakar dan cokelat panas, wisatawan juga banyak memanfatkannya untuk berswafoto dengan latar pemandangan indah kota wisata.

Di kawasan Gunung Banyak, juga terdapat destinasi wisata lainnya, seperti wisata rumah kayu, wisata rumah kelinci, dan gua hutan pinus. "Udaranya segar dan menyehatkan. Anak-anak sangat senang berwisata di sini. Harganya juga sangat terjangkau," ujar Irnawati.

Pengunjung juga bisa mencoba sensasi terbang melayang di atas awan dengan cara tandem paralayang. Sekali terbang tandem, dikenakan biaya sekitar Rp400.000. “Kita bisa terbang di udara, dan menikmati Kota Batu, dari udara sekitar 7 menit," ujar salah satu petugas pengelola wisata paralayang di Gunung Banyak, Ari.

Ari mengaku, minat wisatawan untuk menguji adrenalin dengan melakukan terbang tandem sangat tinggi, terutama saat libur Lebaran ini. Pada hari biasa, mereka yang berminat terbang tandem mencapai antara 10-20 wisatawan/hari. Sementara selama libur Lebaran ini, bisa mencapai 50 orang/hari.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6025 seconds (0.1#10.140)