Tarekat Syattariyah di Padang Baru Menggelar Salat Idul Fitri Hari Ini

Senin, 26 Juni 2017 - 11:15 WIB
Tarekat Syattariyah di Padang Baru Menggelar Salat Idul Fitri Hari Ini
Tarekat Syattariyah di Padang Baru Menggelar Salat Idul Fitri Hari Ini
A A A
PADANG - Jamaah pengikut Tarekat Syattariyah di Padang, Sumatera Barat hari ini baru merayakan Idul Fitri 1438 H. Seperti yang dilakukan di Masjid Nurul Huda atau lebih dikenal dengan Masjid Pariaman baru digelar salat Id sekira pukul 08.00 WIB, Senin (26/6/2017)

“Hasil keputusan dari Ketua Jamaah Syattariyah Sumatera Barat hari ini jatuhnya hari raya Idul Fitri,” ujar Guru Syattariyah di Masjid Nurul Huda, Bainullah Tuanku Elok di Jalan Durian, Purus Baru Kota Padang.

Menurut Tuanku Elok, keputusan ini berdasarkan setelah melihat hilal dengan memakai mata telanjang kemarin di Koto Tuo, Muko-Muko dan Ulakan Tapakis sebagai sentral Syattariyah di Kabupaten Padang Pariaman. “Kita puasa hanya 29 hari ini,” ujarnya.

Di masjid Nurul Huda ini yang mengikuti salat Id hanya sekira 17 orang, sepinya para pengikut ini menurut Tuanku Elok para jamaah ini sudah pulang kampung ke daerah masing-masing.

“Biasanya salat Id ini ramai sampai ratusan orang, kini banyak jamaah kita yang mudik lebaran, ada yang dari Pariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung serta daerah lain,” ungkapnya.

Dalam salat Id di Tarekat Syattariyah diawali oleh tausiah, kemudian dilanjutkan dengan takbir lalu salat Idul Fitri dan diakhiri oleh kotbah berbahasa Arab, usai kotbah para jamaah berebut menyalami khatibnya.

Salat Id itu dipimpim langsung oleh Bainullah Tuanku Elok sementara untuk khatibnya Labai Am. “Kita tidak ada tradisi makan bersama di dalam masjid saat Idul Fitri ini, itu adanya saat Idul Adha dan Maulud Nabi,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2311 seconds (0.1#10.140)