Polda Jabar Siapkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran

Jum'at, 09 Juni 2017 - 13:17 WIB
Polda Jabar Siapkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran
Polda Jabar Siapkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran
A A A
BANDUNG - Polda Jawa Barat menyatakan kesiapan melakukan pengamanan arus mudik Lebaran Tahun 2017. Kesiapan tersebut diklaim sudah mencapai 95 persen.

"Secara keseluruhan sudah 95 persen. Lima persen lagi sedang disiapkan," ucap Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan, Jumat (9/6/2017).

Pihaknya optimistis arus mudik dan balik Lebaran di wilayah Jabar nanti berjalan lancar. Rencana pengaturan lalu lintas pun telah dipersiapkan untuk mengurai kepadatan dan kemacetan di sejumlah titik di Jabar.

"Kalau lancar sekali kayaknya mustahil, tetapi kita berusaha mengantisipasi. Ketika terjadi kemacetan akan segera diurai, tidak dibiarkan berlarut-larut, bisa contraflow atau buka tutup," katanya.

Menurutnya, beberapa titik yang perlu diantisipasi adalah Tol Cipali, jalur tengah, jalur Pantura, dan jalur selatan. Jalur tersebut kerap menjadi langganan perlintasan mudik. Untuk itu pengamanan disiapkan di titik-titik itu.

"Apabila nanti di jalur itu terjadi kemacetan akan ada pengalihan arus, nanti kita lihat pengalihannya ke mana. Kalau semua macet dialihkan ke jalur alternatif," ujarnya.

Kepala Dinas Bina Marga Jabar Guntoro mengatakan, jalur mudik sudah baik dan layak untuk dilalui. "Kesiapan kita bukan saja saat Lebaran, protap kita dari Januari sampai Desember melaksanakan kegiatan kemantapan jalan," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8485 seconds (0.1#10.140)