Cuaca Buruk, Kapal Agung Samudera Kandas

Minggu, 04 Juni 2017 - 17:23 WIB
Cuaca Buruk, Kapal Agung Samudera Kandas
Cuaca Buruk, Kapal Agung Samudera Kandas
A A A
JEMBRANA - Setelah semalaman kandas di sisi utara ASDP Pelabuhan Gilimanuk, akhirnya KMP Agung Samudera berhasil ditarik Tag Boat Haming Way. Upaya penarikan mulai dilakukan pagi tadi, Minggu (4/6/2017), sekitar pukul 03.00 Wita.

Kemudian pada pukul 05.35 Wita, KMP Agung Samudera telah sandar di Pelabuhan Gilimanuk dengan selamat. Kapal yang mengangkut 18 penumpang dan 13 ABK dikabarkan kandas pada Sabtu 3 Juni 2017.

Kepala Kantor SAR Denpasar, Didi Hamzar mengatakan, Kantor SAR Denpasar mengerahkan tim rescue dari Pos SAR Jembrana untuk melakukan evakuasi terhadap POB yang berada di kapal tersebut. Dengan menggunakan rubber boat tim mendekat ke posisi kapal nahas itu, dan memastikan kondisi keselamatan penumpang.

"Hingga pukul 15.10 Wita para ABK masih berupaya menguras air laut dan melakukan olah gerak kapal, namun hingga petang KMP Agung Samudra masih juga kandas,"katanya.

Akhirnya sekitar pukul 18.58 Wita penumpang kapal sebanyak 14 orang dievakuasi oleh tim SAR gabungan dengan menggunakan speed boat Polair Pelabuhan Gilimanuk. Sebanyak 4 penumpang lainnya beserta 13 ABK tetap bertahan di kapal. Seluruh penumpang yang terevakuasi dibawa ke ruang VIP ASDP Pelabuhan Gilimanuk.

Didi menjelaskan, potensi yang turut terlibat dalam proses evakuasi di antaranya Tim Rescue Pos SAR Jembrana, TNI AL Pos Gilimanuk, Polair Pos Pelabuhan Gilimanuk, dan Kepala Unit Pelabuhan Penyebrangan.

Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini cukup mengganggu aktivitas pelayaran di sekitar perairan Selat Bali Ketapang-Gilimanuk. Para pelaku transportasi laut diimbau untuk berhati-hati saat melintasi perairan dengan cuaca ekstrem.

"Dengan kondisi cuaca ekstrim seperti ini, diharapkan kelengkapan keselamatan harus ready di kapal-kapal, pastikan kelengkapan keselamatan tersebut masih berfungsi dengan baik," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4040 seconds (0.1#10.140)