Kampung Arab Diamuk Si Jago Merah Ratusan Alquran Kuno Hangus Terbakar

Rabu, 03 Mei 2017 - 20:41 WIB
Kampung Arab Diamuk Si Jago Merah Ratusan Alquran Kuno Hangus Terbakar
Kampung Arab Diamuk Si Jago Merah Ratusan Alquran Kuno Hangus Terbakar
A A A
PALEMBANG - Si Jago Merah melanda Perkampungan Arab, Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II, Rabu (3/5/2017). Bangunan bersejarah berusia 250 tahun yang berada di kawasan tersebut berikut ratusan kitab suci Alqur'an turut hangus dilalap api.

Fauzi Husin Shahab (51) Ketua RT 26, Kelurahan Kuto Batu mengatakan, api mulai berkobar sekitar pukul 01.00 WIB. Api terlihat pertama dari atap rumah milik Muhammad Syeh (80) warga yang tinggal di rumah nomor 127, RT26. Kebakaran tersebut diduga berasal dari korsleting hubungan arus pendek listrik. Setengah jam kemudian, pada pukul 03.00 api berhasil dipadamkan.

Berdasarkan pantauan, terlihat sisa-sisa puing bekas tiang dan kerangka bangunan yang masih mengeluarkan asap. Tidak hanya itu, terdapat sisa-sisa Alquran yang telah dikumpulkan warga sekitar dari dalam rumah salah satu ulama pertama penyebar ajaran Islam di Sumatera Selatan.

"Rumah ini milik salah satu penyebar ajaran Islam di Sumsel, yaitu Habib Abdullah bin Idrus Shahab. Dimana saat ini dihuni oleh keturunan ketujuh beliau," kata Fauzi.

Selain rumah tua yang dihuni oleh Ahmad Abdullah (55) tersebut, terdapat dua rumah lain milik Muhammad Syeh (80) dan Cik Ya (50) yang ikut hangus terbakar dan rata dengan tanah. Rumah tersebut pun selalu dijadikan rumah singgah saat ziarah kubro setiap tahunnya.

"Dalam ziarah kubro ini yang hadir sekitar 15.000 orang, seperti dari Arab, Singapura, Malaysia dan beberapa negara lainnya," katanya.

Menurutnya, rumah yang terbakar ini baru didaftarkan sebagai salah satu cagar budaya di Kota Palembang. Karena itu, sangat disayangkan.

Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, akibat kebakaran ini kerugian ditaksir sekitar miliaran rupiah, dan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban yakni 12 KK atau sebanyak 41 anggota keluarga. "Yang terbakar ini tiga rumah dimana satu rumah memiliki panjang 20 meter, lebar 10 meter," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek IT II, Kompol M Hadiwijaya mengatakan, kejadian ini berawal pada pukul 01. 00 WIB, saksi melihat bagian atap rumah korban Muhamad Syeh, sudah terbakar dan merambat kerumah korban lainnya. Kemudian, Muhamad Syeh membangunkan korban yang lainnya dan menghubungi unit pemadam kebakaran.

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB. Korban kebakaran ini yakni merupakan satu keluarga. "Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran. Tapi, untuk sementara diduga adanya korsleting listrik," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2136 seconds (0.1#10.140)