Hujan Es di Bandung, BMKG: Ukurannya hingga Sebesar Kelereng

Rabu, 19 April 2017 - 17:54 WIB
Hujan Es di Bandung, BMKG: Ukurannya hingga Sebesar Kelereng
Hujan Es di Bandung, BMKG: Ukurannya hingga Sebesar Kelereng
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menerima laporan terjadinya hujan es di sejumlah wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/4/2017).

"Laporan masyarakat yang masuk ke BMKG memang ada hujan es di sekitar Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, Jalan Suci, dan Cihampelas," kata prakirawan BMKG Bandung Neneng Sugianto saat dihubungi.

Menurutnya, ukuran es yang jatuh bervariasi, mulai dari butiran kecil hingga sebesar kelereng. Dia menjelaskan, hujan es ini terjadi akibat proses kondensasi yang kelewat dingin. Akibatnya, air yang menguap berubah bentuk menjadi kristal es.

"Proses kondensasi itu hingga mencapai titik freezing level dengan suhu minus 44 derajat celcius, sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es," jelas Neneng.

Neneng menambahkan, hujan deras disertai angin kencang dan petir ini hampir terjadi merata di seluruh wilayah Kota Bandung. Pihaknya memprediksi, hujan disertai angin ini terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Kalau hujan, dua tiga hari ke depan diprediksi hujan ringan hingga sedang dan angin kencang masih akan terjadi. Oleh karena itu, kami imbau warga untuk tetap waspada," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9067 seconds (0.1#10.140)