Ratusan ASN di Pemkab Bandung Jalani Tes Urine

Selasa, 18 April 2017 - 16:33 WIB
Ratusan ASN di Pemkab Bandung Jalani Tes Urine
Ratusan ASN di Pemkab Bandung Jalani Tes Urine
A A A
SOREANG - Ratusan Aparatur Sipil Negeri (ASN) dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bandung menjalani tes urine, Selasa (18/4/2017). Kegiatan yang secara mendadak dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat di Soreang itu sebagai pencegahan serta memastikan para abdi negara steril dari penggunaan Narkoba.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat BNN Jawa Barat Wuryanto Sugiri mengatakan, langkah yang saat ini dilakukan instansinya menjadi salah satu upaya mencegah peredaran narkoba khusus di kalangan ASN. "Ini juga selaras dengan imbauan dari pemerintah pusat bahwa para pegawai negeri itu minimal setahun sekali harus menjalani tes urine," ujarnya.

Menurut dia, sesuai data penyalahgunaan Narkoba di Indonesia sudah sangat kronis. Bahkan, persentasenya cukup besar, 27% di antaranya dari kalangan pelajar, 50% dari para pekerja baik swasta maupun aparat pemerintah, sisanya dari pengangguran. "Di Jabar sendiri penyalahgunaan narkoba juga cukup tinggi, karena tidak ada daerah yang sejauh ini steril dari narkoba," kata Wuryanto.

Bupati Bandung Dadang M Naser yang ikut pula menjalani tes urine berharap kegiatan ini menjadi komitmen memerangi narkoba. Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu juga tak segan melayangkan sanksi kepada ASN yang positif menggunakannya. "Akan ada sanksi. Makanya seluruh kepala dinas, kabid, camat semua ikut tes urine hari ini," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5416 seconds (0.1#10.140)