Ruko Bahan Sepatu di Cibaduyut Terbakar Kerugian Capai Rp1 miliar

Rabu, 12 April 2017 - 16:44 WIB
Ruko Bahan Sepatu di...
Ruko Bahan Sepatu di Cibaduyut Terbakar Kerugian Capai Rp1 miliar
A A A
BANDUNG - Sebuah rumah toko (ruko) bahan sepatu Arindo di Jalan Cibaduyut Raya, Kompleks Borobudur RT 02, RW 03, Kelurahan Cibaduyut Kidul, Kecamatan Bojongloa Kidul, Rabu (12/4/2017) dilalap si jago merah sekira pukul 11.35 WIB, adapun kerugian mencapai Rp1 miliar.

Api baru dapat dipadamkan setelah Tim Rescue Damkar menerjunkan 10 unit kendaraan pancar, 2 PMI, dan 1 rescue.

Petugas langsung melakukan penyisiran pemadaman agar api tak menyebar ke rumah lainnya, butuh sekitar 45 menit untuk menjinakan api, memang cukup menyulitkan bagi petugas mengingat asap pekat yang keluar mengganggu pernafasan.

"Bahkan petugas kami ada yang sempat pusing hampir pingsan, lantaran asap berbau lem," jelasnya.

Kedua petugas itu pun kemudian ditarik keluar untuk diamankan dan diganti petugas lainnya untuk melakukan pemadaman, setelah berjuang puluhan menit akhirnya api ruko berlantai dua ini pun bisa dijinakan.

"Alhamdulilah bisa dijinakan, yang lamanya memang pemadaman, karena bahan yang terbakar mengandung bahan kimia, sehingga pemadaman pun tak hanya dilakukan dengan air tapi juga dengan Peevol," jelas Kabid Damkar Kota Bandung A Kurnia, Rabu (12/4/2017).

Alhasil bangunan seluas 205 meter persegi itu pun luluh lantah. Selain rumah dan toko bahan sepatu Arindo, api juga menghanguskan satu unit mobil Kijang LGX D 1845, dan sebuah motor supra fit. Dugaan sementara, penyebab kebakaran itu berasal dari konsleting listrik di lantai dasar.

"Penyebab sementara adanya percikan dari saklar yang menyambar bahan kimia di lantai bawah," katanya.

Ketika disinggung kerugian, Kurnia menjelaskan, berdasarkan penuturan pemilik kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar. "Sekitar satu miliar," katanya.

Meski begitu, dalam kejadian kebakaran Ruko milik H Achmad (56) ini tak memakan korban jiwa.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)