Anyer Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terendam

Rabu, 05 April 2017 - 11:42 WIB
Anyer Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terendam
Anyer Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terendam
A A A
ANYER - Banjir bandang dan tanah longsor menerjang kawasan Anyer, Kabupaten Serang, setelah diguyur hujan berintensitas tinggi beberapa hari lalu. Akibatnya, ratusan rumah warga dan ribuan hektare sawa terendam banjir.

Camat Anyer Khairul Anwar mengatakan, banjir bandang dan tanah longsor mengakibatkan beberapa rumah mengalami kerusakan. Dampak banjir bandang terparah terjadi di hilir Gunung Pabeasan, di antaranya Desa Siring dan Sindang karya.

Anyer Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terendam

Kampung yang terparah yakni Palupuy, Cikoneng, Garuh, Kampung Sawah, dan Tanjungmanis. Ketinggian air bervariasi dari 50 cm sampai 1,5 meter.

"Kami masih melakukan pendataan rumah yang mengalami kerusakan karena terdampak banjir dan longsor, namun hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa," ujar Anwar, Rabu (5/4/2017).

Khairul mengungkapkan, banjir bandang juga membawa material berupa kayu dan air bercampur lumpur. Saat ini, banjir sudah mulai surut dan warga membersihkan rumah dari lumpur dan potongan kayu yang dibawa banjir.

"Kami akan membuka posko dan dapur umum. Alat berat pun akan didatangkan untuk membantu membersihkan puing-puing material yang terbawa banjir bandang," kata Khairul.

Sementara itu, relawan kemanusiaan Lulu Jamaludin mengatakan, sebanyak 6 rumah rusak dan 200 rumah terendam banjir. "Enam rumah rusak di kampung Palupuy, 200 rumah terendam air bercampur pasir dan kayu," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7087 seconds (0.1#10.140)