Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah di Bandung Barat Rusak

Senin, 03 April 2017 - 17:22 WIB
Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah di Bandung Barat Rusak
Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah di Bandung Barat Rusak
A A A
BANDUNG BARAT - Ratusan rumah rusak setelah hujan deras disertai angin puting beliung menerjang dua desa yakni Desa Cimerang dan Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Meski tidak menelan korban jiwa, kerugian material akibat puting beliung itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Rumah yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung pada Minggu (2/4/2017) sore itu berlokasi di RW 04 Desa Laksanamekar dan RW 08, RW 09, RW 10, RW 11, dan RW 15 Desa Cimerang. Rinciannya, 245 rumah rusak ringan, 11 rumah rusak sedang, dan dua rumah rusak berat.

Dandim 0609 Kabupaten Bandung Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan menuturkan, puting beliung terjadi tidak lama setelah hujan deras reda. Puting beliung langsung menerjang rumah-rumah warga. "Setelah didata ada ratusan rumah yang rusak, tapi tidak ada korban jiwa," kata Andre, Senin (3/4/2017).

Menurut Andre, puting beliung yang menerjang lima RW tersebut tidak hanya merusak rumah warga. Sejumlah pohon juga tumbang. "Di Desa Laksanamekar Kecamatan Padalarang satu rumah rusak akibat tertimpa pohon roboh," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, lanjut Andre, Kodim 0609/ Kabupaten Bandung mengerahkan Babinsa dan Koramil untuk membantu warga yang terkena musibah. Pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, Muspika, dan BPBD KBB.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5633 seconds (0.1#10.140)