JR Saragih Wajibkan Setiap Kecamatan Menggelar Event Pariwisata dan Budaya

Minggu, 19 Maret 2017 - 17:20 WIB
JR Saragih Wajibkan Setiap Kecamatan Menggelar Event Pariwisata dan Budaya
JR Saragih Wajibkan Setiap Kecamatan Menggelar Event Pariwisata dan Budaya
A A A
SIMALUNGUN - Setiap kecamatan di Kabupaten Simalungun diminta menyiapkan event pariwisata atau kesenian dan budaya untuk ditetapkan sebagai agenda tahunan.

Bupati Simalungun JR Saragih kepada KORAN SINDO Medan di Pematang Raya mengatakan, pemerintah kecamatan diharapkan mampu menggali potensi pariwisata, kesenian, dan budaya yang dapat dijadikan sebagai event tahunan untuk mendukung program pengembangan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata nasional.

"Nantinya setiap kecamatan harus melaksanakan event pariwisata atau kesenian dan budaya yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Kabupaten Simalungun. Karena itu pemerintah kecamatan harus berinovasi untuk menggali potensi daerahnya," kata JR Saragih, Minggu (19/3/2017).

JR Saragih menambahkan ada beberapa kecamatan yang memiliki potensi wisata alam yang dapat dikembangkan lebih maksimal seperti Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kecamatan Purba, Kecamatan Dolok Pardamean, Kecamatan Haranggaol Horison, Kecamatan Dolok Panribuan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kecamatan Gunung Maligas, dan Kecamatan Sidamanik.

Namun menurutnya, beberapa kecamatan lainnya juga memiliki potensi agrowisata seperti Kecamatan Pamatang Silimakuta, Kecamatan Silimakuta, Kecamatan Raya, Kecamatan Dolok Silou, dan Kecamatan Raya Kahean.

Selain itu ada juga kecamatan yang bisa dikembangkan potensi wisata kuliner seperti Kecamatan Tanah Jawa, Kecamatan Pamatang Bandar, Kecamatan Bandar, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, dan Kecamatan Gunung Malela.

Dia menambahkan, setiap tahun Kabupaten Simalungun menggelar Pesta Budaya Rondang Bittang dan seluruh kecamatan mampu menampilkan potensi daerahnya masing-masing untuk ditampilkan dalam pesta tersebut.

Tahun ini, Pesta Rondang Bittang akan dikemas menjadi agenda pariwisata skala nasional yang diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Simalungun.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Simalungun Pahala R Sinaga mengatakan, pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menggelar Pesta Rondang Bittang menjadi event pariwisata skala nasional.

"Sedang dijajaki kerja sama dengan Kementerian Pariwisata supaya Pesta Rondang Bittang bisa dilaksanakan skala nasional, sehingga diharapkan bisa menjadi agenda tahunan mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional," kata Pahala.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7846 seconds (0.1#10.140)