Gegana Akan Ledakkan Puluhan Granat yang Ditemukan di Tegal

Jum'at, 17 Maret 2017 - 22:27 WIB
Gegana Akan Ledakkan Puluhan Granat yang Ditemukan di Tegal
Gegana Akan Ledakkan Puluhan Granat yang Ditemukan di Tegal
A A A
TEGAL - Puluhan granat yang ditemukan di areal persawahan di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dievakuasi oleh Gegana dari Brimob Detasemen IIB Pelopor Pekalongan, Jumat (17/3/2017) pukul 21.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Tegal AKP Bambang Purnomo mengatakan, Gegana didatangkan setelah pihaknya berkoordinasi dengan TNI karena lokasi penemuan masih berada di wilayah Markas Batalion Zipur 4/TK.

"Karena ini di wilayah militer kita koordinasi dengan Kodim dan Kodam. Kami juga langsung koordinasi dengan Gegana Brimob untuk mengamankan granatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Menurut Bambang, granat yang sudah diangkat akan dibawa oleh personel Gegana untuk diledakkan di lokasi yang aman. "Tidak menutup kemungkinan besok akan dilakukan lagi penggalian karena diduga masih ada ratusan yang masih tertimbun," ujarnya.

‎Komandan Peleton Batalion Zipur 4/TK Letda CZI Pascal Amrullah mengatakan, dari pengecekan yang sudah dilakukan sebelum personel Gegana datang, kondisi granat masih aktif. "Kondisinya masih utuh dan aktif. Jadi kemungkinan masih bisa meledak," katanya.

Amrullah memperkirakan granat sudah tertimbun selama puluhan tahun. Sebab, lokasi penemuan pernah digunakan sebagai asrama anggota Batalion Zipur. "Kemungkinan peninggalan dulu saat masih jadi asrama. Baru kali ini ada penemuan. Petani yang menemukan mengatakan masih banyak," ujarnya.‎

Diberitakan sebelumnya, warga Kelurahan Slawi Wetan, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dihebohkan dengan penemuan puluhan granat di areal persawahan wilayah setempat. Diduga jumlah granat yang masih tertimbun mencapai ratusan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7131 seconds (0.1#10.140)