Longsor di Cilawu Garut Nyaris Timbun Dua Rumah Warga

Rabu, 01 Maret 2017 - 19:18 WIB
Longsor di Cilawu Garut Nyaris Timbun Dua Rumah Warga
Longsor di Cilawu Garut Nyaris Timbun Dua Rumah Warga
A A A
GARUT - Tebing di Kampung Babakan Kawung RT 03/02, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, ambruk akibat longsor. Material longsoran ini nyaris menimbun rumah warga yang berada di sekitar tebing.

Camat Cilawu Ahmad Mawardi mengatakan, peristiwa longsor sekitar pukul 13.15 WIB itu terjadi saat wilayah Kecamatan Cilawu diguyur hujan lebat yang disertai petir. Ia menyebut material tanah yang longsor cukup tinggi, diperkirakan antara 15 hingga 20 meter.

"Material longsor ini hampir merusak dua rumah warga, yang dihuni oleh warga bernama bu Diah dan pak Karsono," kata Ahmad, Rabu (1/3/2017).

Ia menjelaskan, letak rumah warga bernama Diah berada di bawah tebing, sehingga material longsor dapat dengan mudah menimpa rumah. Sementara rumah warga bernama Karsono, berada persis di atas tebing yang mengalami longsor.

"Rumah bu Diah hampir tertimbun, sementara rumah pak Karsono di atas tebing nyaris tergusur longsoran," ujarnya.

Ahmad memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor ini. Pihak Muspika Kecamatan Cilawu, mengungsikan warga yang menghuni dua rumah tersebut.

"Mereka yang dievakuasi ke tempat aman ada tiga KK (kepala keluarga), dengan jumlah jiwa sebanyak 11 orang. Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Karyamekar, BPBD, Muspika Cilawu, dan masyarakat setempat berperan dalam proses evakuasi terhadap warga yang rumahnya hampir diterjang longsor ini," ungkapnya.

Pihaknya, masih melakukan pendataan terhadap rumah beserta nilai kerugian yang ditimbulkan. "Kami minta warga untuk selalu mewaspadai segala kemungkinan terjadinya bencana. Sebab di wilayah Kecamatan Cilawu rawan longsor, apalagi akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi. Peristiwa longsor itu pun terjadi saat hujan deras yang disertai petir saat siang hari," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6004 seconds (0.1#10.140)