Effendi Syahputra Gagas Poros Perubahan di Deli Serdang

Senin, 20 Februari 2017 - 21:39 WIB
Effendi Syahputra Gagas Poros Perubahan di Deli Serdang
Effendi Syahputra Gagas Poros Perubahan di Deli Serdang
A A A
DELI SERDANG - Tokoh muda nasional asal Sumatera Utara, Effendi Syahputra bersama generasi muda di Kabupaten Deli Serdang menggagas poros perubahan dengan nama Deli Serdang Masa Depan. Gerakan ini adalah gerakan kerja membangun optimisme publik di Kabupaten Deli Serdang melalui program pemberdayaan masyarakat tepat sasaran.

"Poros perubahan kaum muda ini digagas untuk memberi warna di Kabupaten Deli Serdang. Semangatnya adalah semangat turun ke masyarakat, ke kampung-kampung, kemudian bahu-membahu membuat kontribusi nyata bagi masyarakat Deli Serdang," ujar Effendi saat berdialog bersama perwakilan pemuda yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Deli Serdang.

Effendi menjelaskan, ada beberapa program yang akan digulirkan, di antaranya sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan UMKM. Keseluruhan program ini akan dilaksanakan dengan pola kemitraan masyarakat dan tim Deli Serdang Masa Depan.

"Insya Allah dalam enam bulan ke depan kami akan bangun pilot project bersama anak-anak muda Deli Serdang di tiap-tiap kecamatan, kesemuanya partisipatif, berdampak nyata pada akar persoalan," kata Effendi di Desa Telaga Sari dalam rangka safari 'Kami Bersama Deli Serdang Masa Depan'.

Kehadiran gerakan ini disambut antusias kaum muda Deli serdang dan dianggap dapat menjadi poros perubahan yang diinisiasi oleh anak-anak muda. Beberapa anak muda di Tanjungmorawa, Delitua, Batangkuis, Hamparan Perak, Galang, Bangun Purba, Labuhandeli, Pantai Labu, Lubuk Pakam, dan Percut Sei Tuan telah menggelar pertemuan membahas program Deli Serdang Masa Depan.

"Pembahasan yang paling intens adalah menciptakan peluang ekonomi yang di setiap kecamatan. Anak-anak muda Deli Serdang diminta untuk menguraikan potensi-potensi ekonomi di setiap kecamatan yang ada untuk kemudian direalisasikan dalam program kemitraan yang saat ini sedang digodok mekanismenya," ujar Erwin Syahputra (Tanjung Morawa) didampingi Suyono (Lubuk Pakam) dan Eddy S Effendi (Deli Tua), Minggu (19/2/2017).

Suyono menjelaskan, mereka mau mendukung gerakan itu karena memang saat ini anak-anak muda di Deli Serdang kurang mendapat sentuhan perhatian. Dengan adanya program Deli Serdang Masa Depan yang disandingkan dengan program pemerintah saat ini, tentu akan membawa efek positif bagi penguatan ekonomi UMKM di Deli Serdang.

Poros Perubahan

Effendi Syahputra, sang inisiator Deli Serdang Masa Depan mengungkapkan, apa yang dilakukannya adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda di Deli Serdang. "Sebab saya melihat sejauh ini potensi kaum muda ini belum digarap maksimal, padahal kaum muda inilah yang akan merangkai masa depan Deli Serdang ke depan, dan poros perubahan itu ada pada kaum muda," ujar pengacara alumni Fakultas Hukum USU ini.

Dia menegaskan, program-program yang ada dalam Gerakan Deli Serdang Masa Depan adalah murni untuk mengoptimalkan kreativitas generasi muda dan menguatkan ekonomi masyarakat prasejahtera di Deli Serdang, sehingga menjadi poros baru tempat berhimpunnya semangat kaum muda yang optimistis terjadinya perubahan Deli Serdang ke arah yang lebih baik.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7668 seconds (0.1#10.140)