MUI Sumut: Islamic Center di Simalungun Ide Brilian

Selasa, 07 Februari 2017 - 17:12 WIB
MUI Sumut: Islamic Center di Simalungun Ide Brilian
MUI Sumut: Islamic Center di Simalungun Ide Brilian
A A A
SIMALUNGUN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) menganggap rencana pembangunan Islamic Center di Simalungun sebagai ide brilian. Sebab, keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat.

"Bagi kami, ide dari Bupati Simalungun sangat brilian. Apalagi ini bisa membangun kesatuan umat di Indonesia khususnya di Sumatera Utara," kata Ketua MUI Sumut Prof Abdullah Syah, Selasa (7/2/2017).

Seperti diketahui, pembangunan Islamic Center di Simalungun akan dilakukan di Kelurahan Perdagangan, Kecamatan Bandar. Rencananya, pembangunan ini memakan waktu dua tahun. Pada Islamic Center tersebut nanti akan ada masjid, aula, dan sarana untuk manasik haji.

Menurut Abdullah Syah, dengan hadirnya Islamic Center di Simalungun bisa mendorong warga untuk memperdalam pengetahuan agama Islam dengan baik. Selain itu, dapat pula dimanfaatkan untuk memperoleh banyak informasi terkait ibadah haji serta belajar manasik haji bagi umat yang ingin menunaikannya.

"Islamic Center bisa menjadi wadah atau tempat untuk berkumpul seluruh umat Islam sehingga tidak ada lagi kelompok maupun golongan yang akan memecah belah. Kegiatan Islami pun juga akan bisa dilaksanakan di Islamic Center," ujarnya.

MUI Sumut juga bersedia memberikan sumbangan pengetahuan berupa edukasi dalam bentuk dakwah, pengajian hingga belajar Alquran serta memfasilitasi kegiatan lainnya jika Islamic Center sudah terbangun. Dia pun berharap masyarakat bersatu dan memberikan dukungan penuh dalam pembangunannya.

"Karena ini murni untuk membangun kerukunan, kedamaian, kebinekaan bukan saja di Simalungun saja melainkan di seluruh Sumatera Utara," kata Abdullah Syah.

Ketua MUI Kota Medan Prof Muhammad Hatta mengatakan pembangunan Islamic Center harus didukung karena keberadaannya dapat membangun jati diri bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa besar, rukun, damai sejahtera. Dia pun berharap pembangunan Islamic Center dapat selesai sesuai target.

"Maka itu kami menyambut baik untuk hal ini, support sebesarnya dan doa," ujarnya.

Ketua Umum Pembangunan Islamic Center Simalungun Tuan Guru Syekh Ahmad Sakban Arrahmani menyampaikan, kehadiran Islamic Center di Simalungun bukan hanya mendapat dukungan di Sumut, melainkan di seluruh wilayah di Indonesia. Karena itu, diharapkan peran serta ulama dan masyarakat untuk membantu mendoakan agar pembangunannya bisa segera selesai.

"Kepada masyarakat atau ulama bisa membantu kami untuk cepat menyelesaikan Islamic Center," katanya. (Baca Juga: JR Saragih Dukung Pembangunan Islamic Center(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6423 seconds (0.1#10.140)