Dinas Kesehatan Lubuklinggau Temukan Gula Merah Mengandung Deterjen

Senin, 06 Februari 2017 - 20:12 WIB
Dinas Kesehatan Lubuklinggau Temukan Gula Merah Mengandung Deterjen
Dinas Kesehatan Lubuklinggau Temukan Gula Merah Mengandung Deterjen
A A A
LUBUKLINGGAU - Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau menemukan ada gula merah bercampur deterjel asal Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yang masuk ke Kota Lubuklinggau. Sedangkan gula merah yang diproduksi di Lubuklinggau dinyatakan aman.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Lubuklinggau, Idris melalui‎ Kabid Permakmin Dinkes, Desi Yunita mengatakan, temuan ini merupakan hasil pemeriksaan sampling oleh Dinkes bersama BPOM Palembang di Lubuklinggau.

“Memang ditemukan ada deterjen pada gula merah asal Air Meles Curup. Terkait penemuan ini, BPOM Palembang berkoordinasi dengan BPOM Bengkulu,” ungkap Desy, Senin (6/2/2017).

Berbekal instruksi BPOM tersebut, Dinkes melakukan pengecekan terhadap seluruh gula merah dipasaran, termasuk usaha rumahan di dua lokasi di Kelurahan Lubuk Tanjung. “Untuk produk dari Lubuklinggau aman dan kami rutin mengedukasi terkait penggunaan zat kimia dan campuran berbahaya,” kata Desy.

Terpisah, Kasi Pelayanan dan Perlindungan Konsumen Disperindagsar, Zon Maryono menyampaikan, pihaknya tidak bisa langsung melakukan penindakan, karena kewenangan ada pada tim terpadu. Dalam tim tersebut ada kepolisian, Satpol PP, termasuk juga Dinkes.

“Yang jelas saat ini tidak ada laporan tersebut di Lubuklinggau. Kalau memang sudah ada temuan tentu akan ditindaklanjuti,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3137 seconds (0.1#10.140)