Pemkab Siapkan Miliaran Rupiah untuk Beli 8 Mobil Forkopimda Karanganyar

Selasa, 17 Januari 2017 - 11:49 WIB
Pemkab Siapkan Miliaran Rupiah untuk Beli 8 Mobil Forkopimda Karanganyar
Pemkab Siapkan Miliaran Rupiah untuk Beli 8 Mobil Forkopimda Karanganyar
A A A
KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berencana membelikan mobil baru bernilai miliaran rupiah untuk anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Forum tersebut berisi kepala-kepala instansi lintas sektoral, seperti Kapolres, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan, Komandan Kodim (Dandim), dan beberapa pimpinan lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Samsi, mengatakan, jumlah mobil yang akan dibeli untuk Forkopimda sebanyak delapan unit. Jumlah tersebut disesuaikan dengan banyaknya pimpinan di Kabupaten Karanganyar. Mobil yang dibelikan tersebut akan diberikan dengan sistem pinjam pakai.
“Tahun ini sudah dianggarkan untuk membeli delapan unit mobil dan nanti akan kita pinjam pakaikan kepada Forkopimda,” ucapnya, Selasa (17/1/2017).

Dengan sistem tersebut, anggota Forkopimda bebas menggunakan kendaraan itu untuk kepentingan sehari-hari. Namun, untuk masalah perawatan dan juga bahan bakar minyak ditanggung sendiri oleh yang menggunakannya. Sistem tersebut menurut Samsi, diperbolehkan dan tidak menyalahi aturan yang ada.

Saat disinggung mengenai alasan membelikan mobil dinas untuk pejabat di luar struktur Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Samsi enggan menjelaskan lebih lanjut. Dia mengatakan, pembelian mobil dilakukan agar kinerja anggota Forkopimda lebih maksimal melayani dan membangun masyarakat Karanganyar.

Meski berencana membelikan kendaraan dinas untuk pejabat luar, ternyata kebutuhan mobil dinas bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar belum tercukupi. Sebanyak sembilan Kepala Bagian dan 17 Camat masih menggunakan mobil dinas seadanya.

Mereka menggunakan mobil keluaran tahun 2006 yang saat ini dinilai sudah mengalami penurunan kualitas dan tidak pantas untuk digunakan. Namun, menurut Samsi, sampais aat ini belum dianggarkan dana untuk pembelian mobil baru bagi para pejabat tersebut.

Jika memungkinan nantinya akan diusulkan pada Anggaran Pandapatan da Belanja Daerah (APBD) Perubahan Karanganyar tahun 2017. Jika tidak memungkinkan akan diusulkan pada tahun berikutnya.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar, Sumanto, tidak mempermasalahkan memprioritaskan pembelian mobil dinas untuk Forkopimda. Menurut dia mobil yang digunakan oleh Forkopimda rata-rata juga sudah berusia tua, sehingga rawan rusak dan menjadi kendala saat hendak digunakan untuk melayani masyarakat.

“Pekerjaan Forkopimda kan sangat banyak dan harus siap 24 jam. Jika nanti mobilnya ngadat dan nggak bisa dipakai gimana? Ya kalau mau pemkab mau beli, ya kita setujui,” ucapnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5323 seconds (0.1#10.140)