Jalan Desa Tertutup Longsor, Ratusan Warga Terisolir

Sabtu, 17 Desember 2016 - 11:38 WIB
Jalan Desa Tertutup Longsor, Ratusan Warga Terisolir
Jalan Desa Tertutup Longsor, Ratusan Warga Terisolir
A A A
PACITAN - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pacitan, Jawa Timur membuat jalan desa yang menghubungan kecamatan Tulakan dengan Tegalombo tertutup longsoran tebing setinggi 20 meter.

Akibat longsor tersebut, ratusan warga yang berada di Dusun Gebang dan Dusun Kawilongan nyaris terisolir. Untuk keluar dari dusun mereka, mau tak mau warga harus melalui material longsor tersebut.

Kondisi memprihatinkan ini terjadi di Desa Gedangan, Kecamatan Tegalombo. Hujan deras yang terus turun menyebabkan tebing di sisi jalan longsor. Demikian juga jalan penghubung antar desa, juga hancur terbawa longsor.

Material longsor setinggi lima meter masih menimbun badan jalan. Tebalnya material longsor berupa tanah dan bebatuan menyulitkan proses pembersihan.

Putusnya jalur ini menyebabkan ratusan warga di Dusun Gebang dan Kawilongan, Desa Gedangan terisolir. Warga tak bisa keluar kampung.

"Aktivitas ekonomi, pendidikan, pertanian lumpuh total akibat longsor. Warga yang ingin keluar desa harus nekat melintasi longsoran dengan jalan kaki dan sangat membayakan," kata Kepala Desa Gedangan Sunaryo di lokasi, Sabtu (17/12/2016).

Sunaryo dan warganya berharap, agar segera dibuatkan jalan baru agar bisa melintas. Karena jalan desa yang tertutup longsor tersebut sudah benar-benar tidak bisa dilalui.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6765 seconds (0.1#10.140)