Bawa TKI ke Batam, Pemilik Kapal Minta Rp450 Ribu per Orang

Rabu, 02 November 2016 - 20:14 WIB
Bawa TKI ke Batam, Pemilik Kapal Minta Rp450 Ribu per Orang
Bawa TKI ke Batam, Pemilik Kapal Minta Rp450 Ribu per Orang
A A A
BATAM - Herman (33) salah satu korban Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang selamat menuturkan masih tidak percaya, kapal yang ditumpanginya dari Johor, Malaysia menuju Nongsa Batam karam di tengah laut. Pria asal Kota Padang, Sumatera Barat itu tidak banyak bicara begitu mengetahui banyak nyawa rekannya yang melayang.

Saat ditemui di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri, dia menuturkan bahwa kapal berangkat pukul 03.00 WIB. Di tengah laut menurutnya kapal menabrak karang dan tiba-tiba datang ombak besar membuat kapal langsung terbalik.

"Saat itu kondisi sudah kacau balau. Sebenarnya kapal kami sudah tidak jauh lagi dari daratan," kata Herman, Rabu (2/11/2016).

Tidak mempunyai dokumen resmi membuatnya nekat menyewa sebuah kapal ilegal. Dia mengaku di Malaysia berjualan dan sudah lama tidak pulang ke kampung halaman. Sementara, sebagian penumpang menurutnya mempunyai pekerjaan yang berbeda dan tidak saling kenal.

"Tekong (pemilik) kapal, meminta bayaran kepada saya sebesar Rp450 ribu tapi bervariasi setiap orangnya," katanya.

Pantauan di rumah sakit telah didirikan dua tenda posko post mortem dan sedikitnya ada 10 peti mayat telah disiapkan. Selain korban meninggal, ada empat korban luka yang juga dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Masing-masing bernama Herman warga Padang, Imam Fadoli (39) warga Jatim, Amak Asan (49) warga Lombok dan Hendra (35) dari Medan.

Sementara, Kabid Dokes Polda Kepri AKBP Djarot, mengungkapkan sampai pukul 19.00 WIB belum ada perkembangan baru terkait pencarian korban, pihaknya juga masih melakukan identifikasi terhadap 18 korban meninggal yang telah ditemukan.

"Ada dua posko yang kita dirikan di rumah sakit, setelah hasil identifikasi selesai akan segera kita rilis," ujarnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8383 seconds (0.1#10.140)