50 Hektare Hutan di Kepulauan Meranti Ludes Terbakar

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 15:18 WIB
50 Hektare Hutan di Kepulauan Meranti Ludes Terbakar
50 Hektare Hutan di Kepulauan Meranti Ludes Terbakar
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Kepulaun Meranti, Riau. Sedikitnya ada 50 hektare hutan dan lahan di kawasan itu ludes dilalap si jago merah.

Kebakaran terjadi di areal Desa Telesung dan Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Timur, Meranti. Kepulan asap tampak membumbung tinggi ke udara.

"Berdasarkan data kita, sedikitnya ada 50 hektare lahan di Rangsang Timur terbakar," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kepulauan Meranti Edy Afriza Jumat (14/10/2016).

Kawasan yang terbakar di Meranti merupakan lahan semak belukar. Selain semak, kebakaran juga merambah ke perkebunan warga. Medan yang sulit dicapai dan kencangnya angin membuat tim pemadaman kesulitan menjinakan si jago merah.

Selain itu, sumber air juga sangat sulit didapatkan. Kebakaran di Meranti sudah terjadi sejak 11 Oktober 2016. Kebakaran ini berpotensi terus meluas, karena arealnya lahan gambut.

"Di Meranti sudah satu bulan tidak ada hujan. Angin kencang menyebabkan api mudah menjalar," tukasnya.

Pulau Meranti merupakan daerah pesisir Riau yang menjadi salah satu perhatian pemerintah tentang kebakaran hutan. Presiden Jokowi tahun lalu mendatangi Pulau Meranti saat kebakaran hebat tahun 2015.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7409 seconds (0.1#10.140)