Orangutan Jadi Maskot Pilkada Kotawaringin Barat

Rabu, 03 Agustus 2016 - 02:03 WIB
Orangutan Jadi Maskot Pilkada Kotawaringin Barat
Orangutan Jadi Maskot Pilkada Kotawaringin Barat
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng tinggal menunggu hitungan bulan. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar mulai menyiapkan segala sesuatunya. Untuk maskot Pilkada Kobar 2017 dipilih Orangutan. Satwa langka dilindungi yang satu ini dipilih lantaran dinilai memiliki hubungan yang cukup erat dengan Kobar.

Terutama dalam hal kepariwisataan. Sebab, sejak beberapa tahun terakhir orangutan sudah dianggap sebagai salah satu ikon kepariwisataan Kobar.

Orangutan juga kerap diasosiasikan sebagai magnet atau daya tarik khusus yang dimiliki Kobar. Terutama karena keberadaan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), yang merupakan kawasan konservasi orangutan terbesar di dunia.

Ketua KPU Kobar, Siti Wahidah mengaku, pihaknya telah menentukan orangutan sebagai ikon Pilkada Kobar 2017 mendatang. Maskot tersebut nantinya didesain dan berbasis pada lambang daerah Kobar.

"Seperti daerah lain, Kabupaten Jepara, Jateng kalau tidak salah menggunakan Gajah sebagai maskot. Kemudian kemarin Kotim (Kotawaringin Timur) juga menggunakan Ikan Jelawat sebagai Maskotnya. Kita rencananya akan menggunakan orangutan untuk Pilkada 2017 nanti," ujar Siti Wahidah, di ruang kerjanya, Selasa (2/8/2016).

Beberapa waktu terakhir KPU telah mulai menjalin komunikasi dengan sejumlah non-goverment organization (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang konservasi orangutan di Kobar.

KPU berharap bisa mendapat saran dan masukkan dari para aktivis atau pihak tertentu yang biasa berkecimpung dalam dunia orangutan.

"Kita ingin minta saran untuk desain pembuatan maskot itu. Ada beberapa yang kita mintai saran. Kepada Yayasan Orangutan Indonesia, Orangutan Foundation International (OFI) dan Orangutan Foundation UK (United Kingdom)," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.1001 seconds (0.1#10.140)
pixels