Tebing Longsor di Ciamis Mengancam Empat Rumah Warga

Minggu, 03 Juli 2016 - 19:35 WIB
Tebing Longsor di Ciamis Mengancam Empat Rumah Warga
Tebing Longsor di Ciamis Mengancam Empat Rumah Warga
A A A
CIAMIS - Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Ciamis, (3/7) dini hari tadi menyebabkan tebing setinggi 15 meter, di Dusun Desa, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, mengalami longsor.

Akibatnya, empat rumah disekitar tebing terancam tertimbun longsor. Bencana tersebut memang kerap terjadi di wilayah tersebut, lantaran tanah di kawasan itu memiliki tekstur yang labil, serta berada di lokasi kemiringan yang curam.

"Berdasarkan laporan warga sekitar, longsor terjadi tadi malam. Sebelum sahur saat hujan, terdengar suara gemuruh cukup kencang, setelah dilihat ternyata tebing dji belakang rumah Pak Acep mengalami longsor," ujar anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Iman Setiaman, Minggu (3/7/2016).

Kata dia, total rumah yang terancam longsor sebanyak empat rumah, antara lain dua rumah di atas terancam ambruk dan dua rumah di bawah terancam tersisir. Karena semua bangunan diatas tebing itu tanpa menghiraukan keselamatan masing-masing.

"Memang daerah Cikoneng ini rawan bencana longsor dan pergeseran tanah, terutama di Desa Nasol," katanya.

Selain mengancam rumah, longsoran juga menyebabkan sumber saluran air tertutup tanah. Untuk menjaga air agar tetap mengalir ke pesawahan dan kolam, Tagana bersama masyarakat membersihkan material longsoran yang menutupi saluran air dan mengancam rumah warga.

Lebih lanjut, meski saat ini memasuki musim kemarau namun hujan masih tetap turun, untuk itu Tagana meminta kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6380 seconds (0.1#10.140)
pixels