Jalur Lurus Ciamis Rawan Kecelakaan

Kamis, 23 Juni 2016 - 05:13 WIB
Jalur Lurus Ciamis Rawan Kecelakaan
Jalur Lurus Ciamis Rawan Kecelakaan
A A A
CIAMIS - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito melakukan pemantauan jalur mudik di bagian selatan dalam rangka persiapan Operasi Ramadniya 2016, Rabu (22/6/2016). Dari hasil pemantauan, Garut sampai Ciamis merupakan jalan lurus sehingga rawan kecelakaan.

"Jalan lurus, jalan sempit, banyak yang ngebut tentunya di situ nanti akan menimbulkan kecelakaan kalau kita tidak melakukan upaya pencegahan ini," ujarnya di Alun-alun Ciamis.

Kata dia, di jalur tersebut akan dipetakan mulai dari keperluan pengawalan dan petugas yang mengibaskan bendera untuk memperlambat laju kendaraan.

"Bisa dilihat kendaraan kencang sekali lewat di situ, memang jalannya bagus, lurus, halus. Ciamis memang rawan kecelakaan, kalau di Garut itu rawan longsor," jelasnya.

Menurutnya, Ciamis merupakan titik lelah. Para pemudik yang berangkat dari Bandung atau Jakarta biasanya terjebak kepadatan arus di Nagreg, sehingga di Ciamis bisa menjadi rest area sebelum melanjutkan perjalanan.

Untuk memberikan bantuan kepada para pemudik terutama pengendara sepeda motor, Kapolda menginstruksikan seluruh Polsek terutama yang berada di jalur mudik untuk dijadikan rest area. Segalanya harus dipersiapkan, mulai dari kamar mandi dibersihkan, air harus tetap mengalir, dan mendirikan tenda untuk para pengendara terutama pengendara sepeda motor istirahat.

"Kasihan saudara kita, dari Jakarta sampai Cilacap naik motor pasti capek dan kelelahan, maka perlu dibantu," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Didi Hayamansyah menuturkan personel yang diterjunkan 730 dari Polres Ciamis dan sekitar 300 dari instansi samping.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5274 seconds (0.1#10.140)