Selama Ramadhan, Para Lansia Ini Nyantri di Ponpes Darul Ulum

Minggu, 12 Juni 2016 - 12:30 WIB
Selama Ramadhan, Para...
Selama Ramadhan, Para Lansia Ini Nyantri di Ponpes Darul Ulum
A A A
JOMBANG - Tak mau kalah dengan santri yang masih muda, ratusan lansia dari berbagai daerah memilih mengisi waktu di bulan Ramadhan ini dengan nyantri atau mondok di Pondok Pesantren Darul Ulum, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Sejumlah lansia dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah terus berdatangan di Pondok Pesantren Darul Ulum, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jatim, sejak sepekan terakhir.

Mereka berbondong-bondong datang ke pesantren ini bukan untuk menengok cucu atau keluarganya, tetapi juga ingin mondok dan tinggal di pesantren.

Beragam alasan para lansia ini mondok. Mayoritas adalah ingin meningkatkan kegiatan ibadah di bulan Ramadhan.

Kegiatan yang mereka ikuti di pesantren juga beragam, mulai dari salat lima waktu secara rutin dan berjamaah, wirid sepanjang waktu, dan mengikuti kegiatan-kegiatan pengajian yang digelar di pesantren.

Bagi para lansia ini, tinggal di pesantren dan berpisah dengan keluarga untuk sementara waktu tidak masalah, karena mereka justru bisa menjalankan kegiatan ibadah sepanjang waktu dengan tenang tanpa ada gangguan.

Sofiyah, salah satu lansia menyatakan, dengan tinggal di pesantren mereka juga bisa memperdalam ilmu-ilmu agama.

Karena sudah rutin dan setiap tahun, kedatangan ratusan lansia ini tidak dianggap merepotkan oleh pesantren. Sebab meski sudah lanjut usia, selama tinggal di pesantren mereka juga bisa mandiri dengan tidur di serambi masjid.

Pengasuh ponpes KH Kholil Dahlan mengatakan, untuk kebutuhan berbuka puasa atau makan sahur mereka juga bisa berbelanja sendiri karena ada pedagang yang membuka stan di sekitar pesantren.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1944 seconds (0.1#10.140)