Jamaah Syatariah di Agam Baru Berpuasa Besok

Selasa, 07 Juni 2016 - 16:57 WIB
Jamaah Syatariah di Agam Baru Berpuasa Besok
Jamaah Syatariah di Agam Baru Berpuasa Besok
A A A
AGAM - Sejumlah warga Jamaah Syatariah di Kenagarian Koto Tuo, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat hingga hari ini Selasa (7/6/2016) masih belum melaksanakan puasa. Warga masih terlihat makan dan minum seperti hari biasa.

Jamaah Syatariah dari berbagai daerah di Sumatera Barat, Selasa siang berkumpul di Masjid Al Ihsan, Jorong Galudua, Kenagarian Koto Tuo, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam. Mereka terlihat berkumpul di area makam Syekh Aluma untuk berziarah dan terlihat terlihat masih makan minum seperti layaknya di hari biasa.

Haji Labai Saidi salah seorang warga Jamaah Syatariah di Ampek Koto menyebutkan, selain berziarah kedatangan Jamaah Syatariah ke lokasi ini juga untuk ikut menentukan awal Ramadhan pada Selasa sore.

“Lihat bulan nanti jam 18.15 WIB Selasa sore ini. Sampai hari ini belum puasa karena belum melihat bulan, kalau bulan nanti terlihat maka besok Rabu mungkin baru mulai puasa,” kata Labai Saidi.

Bagi Jamaah Syatariah penentuan awal Ramadhan dilakukan dengan Hisab Takwim. Yaitu prosesi melihat bulan atau hilal yang dilakukan dengan mata telanjang pada Selasa sore.

Sementara meski cuaca mendung proses melihat bulan diperkirakan tetap akan dilaksanakan.
Jika hilal tampak, Jamaah Syatariah diperkirakan baru akan melaksanakan puasa 1 Ramadhan Rabu 8 Juni besok.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6147 seconds (0.1#10.140)