Ini Foto-Foto Letusan Gunung Sinabung

Minggu, 22 Mei 2016 - 19:14 WIB
Ini Foto-Foto Letusan Gunung Sinabung
Ini Foto-Foto Letusan Gunung Sinabung
A A A
KARO - Letusan Gunung Api Sinabung yang terjadi pada Sabtu 21 Mei 2016 sangat besar. Letusan ini mengakibatkan tujuh warga Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, meninggal dunia terkena luncuran Awan Panas Guguran (APG).

Adapun para korban meninggal di antaranya, Karman Milala (60), Irwansyah Sembiring (17), Nanin beru Sitepu (54), Leo Perangin-angin, Muli Ginting, Ersada Ginting, dan Ibrahim Sembiring (57).

Hingga kini, status Gunung Api Sinabung masih berada di Level IV (Status Awas) yang artinya sangat berbahaya. Berikut foto-foto terkini letusan Gunung Api Sinabung yang diambil dari lokasi kejadian di Desa Gamber. Foto-foto ini diambil tidak lama setelah luncuran awan panas.

1. Foto ini merupakan erupsi Gunung Api Sinabung. Jangkauan awan panas teramati dengan jarak luncur 4.000 meter (m) hingga 4.500 meter ke arah barat, dan tinggi kolom erupsi mencapai 3.000 meter, pada Sabtu 21 Mei 2016 sore.


2. Foto kedua ini adalah rumah warga yang terbakar di Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Rumah ini terbakar setelah diterjang awan panas Gunung Api Sinabung. Foto ini diambil tidak lama setelah awan panas itu melintas, pada Sabtu 21 Mei 2016.


3. Rumah warga hancur setelah dilewati awan panas Gunung Api Sinabung. Tampak beberapa warga melintasi rumah yang telah hancur itu tidak lama setelah kejadian. Warga tersebut sedang dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Foto ini diambil pada sabtu 21 Mei 2016.


4. Warga saat mengevakuasi mayat korban awan panas Gunung Api Sinabung, di Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Dalam peristiwa ini, tercatat sebanyak tujuh orang warga desa sekitar meninggal dunia akibat terbakar awan panas Gunung Api Sinabung. Foto diambil pada Kamis 21 Mei 2016.


5. Luncuran awan panas Gunung Api Sinabung tidak hanya memakan korban jiwa, tetapi juga harta. Tampak salah seorang warga sedang mengambil motornya, sambil berharap motor tersebut masih bisa digunakan setelah dilakukan perbaikan. Foto ini diambil pada Kamis 21 Mei 2016.


6. Inilah Desa Gamber yang dilewati awan panas Gunung Api Sinabung. Tampak beberapa bangunan rumah masih berdiri tegak dan tidak mengalami kerusakan berarti. Di tempat ini mayat tujuh orang warga yang terkena awan panas Gunung Api Sinabung dievakuasi. Foto ini diambil pada sabtu 21 Mei 2016.


7. Di lokasi ini warga biasa memantau langsung erupsi Gunung Api Sinabung. Tampak sejumlah orang tengah memantau erupsi Gunung Api Sinabung, tidak lama setelah terjadinya luncuran awan panas yang menewaskan tujuh orang warga di Desa Gamber. Foto ini diambil pada Sabtu 21 Mei 2016.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5022 seconds (0.1#10.140)