Ratusan Warga di Lereng Wilis Mengungsi karena Takut Longsor

Senin, 18 April 2016 - 14:54 WIB
Ratusan Warga di Lereng Wilis Mengungsi karena Takut Longsor
Ratusan Warga di Lereng Wilis Mengungsi karena Takut Longsor
A A A
PONOROGO - Hujan deras yang terus turun menyebabkan tanah longsor di Lereng Gunung Wilis, Ponorogo, Jawa Timur, akibatnya ratusan warga yang ketakutan terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman, Senin (18/4/2016). Ketakutan warga jika sewaktu waktu longsor besar dan menimbun rumah mereka.

Di bawah guyuran hujan lebat Anto dan keluarganya berangkat mengungsi ke rumah saudaranya yang lebih aman. Keluarga ini mengungsi karena ketakutan karena longsor di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Mereka memilih meninggalkan rumahnya agar selamat jika sewaktu waktu terjadi longsor yang lebih besar.

Keluarga Anto adalah satu dari ratusan warga di Dusun Mblumbang, Desa Talun, Kecamatan Ngebel yang mengungsi karena bencana longsor. Tanah longsor terjadi akibat hujan deras yang terus turun sehingga tebing di lereng bukit desa setempat longsor dan amblas.

Longsor mengancam sekitar 75 kepala keluarga yang tinggal d ibawah bukit. Sejak dua hari terakhir warga yang khawatir mengosongkan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebanyak 35 kepala keluarga ditampung di Kantor Desa Talun, sebagian lainnya mengungsi ke rumah saudaranya di desa lain yang lebih aman.

Sampai Senin siang ini sejumlah warga terutama warga usia lanjut masih bertahan di pengungsian sebagian lainnya pulang dan berencana kembali ke pengungsian saat malam hari atau saat hujan deras. Kini warga bersama anggota TNI dan Polisi masih bersiaga pemukiman dan tempat pengungsian.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7463 seconds (0.1#10.140)