Bayi dalam Kardus Lahir Tanpa Bantuan Medis

Kamis, 07 April 2016 - 14:45 WIB
Bayi dalam Kardus Lahir Tanpa Bantuan Medis
Bayi dalam Kardus Lahir Tanpa Bantuan Medis
A A A
KULON PROGO - Bayi dalam kardus yang ditemukan di depan pintu gerbang Panti Asuhan Boro yang ada di Kalibawang, Kulon Progo, DIY, dilahirkan tanpa bantuan medis. Kondisi bayi masih sangat lemah dan ditangani secara intensif.

Begitu tiba di RSUD Wates, bayi ini langsung mendapatkan perawatan intensif di Unit Gawat Darurat (UGD). Bayi ini juga diberikan alat bantu pernapasan, karena diperkirakan saat lahir usianya baru sekitar enam bulan.

"Karena usianya masih kecil, jadi paru-parunya belum berkembang maksimal. Makanya kita berikan alat bantu," jelas Kepala UGD RSUD Wates Eko Budiarto, Kamis (7/4/2016).

Melihat kondisi tali pusarnya, bayi ini lahir tanpa ditolong tenaga medis. Ini bisa dilihat dari potongan plasentanya yang tidak teratur. Selain itu juga banyak mengeluarkan darah. "Seperti digunting tetapi tidak teratur," jelasnya.

Tenaga medis masih melakukan penanganan secara maksimal, agar bayi ini segera melewati masa kritis. Jika nanti membaik akan dirawat di ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6160 seconds (0.1#10.140)