Muhammadiyah Kawal Proses Autopsi Jenazah Siyono

Minggu, 03 April 2016 - 13:34 WIB
Muhammadiyah Kawal Proses Autopsi Jenazah Siyono
Muhammadiyah Kawal Proses Autopsi Jenazah Siyono
A A A
KLATEN - Proses autopsi jenazah Siyono warga Dukuh Brengkungan RT 11 RW 5 Desa Brengkungan, Kecamatan Cawas digelar, Minggu 3/4/2016) pagi tadi. Tim forensik gabungan tiba di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dukuh Brengkungan sekira pukul 07.22.

Pantauan, tim forensik gabungan tiba dengan pengawalan ketat dari personel Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM). Rombongan tim forensik gabungan menggunakan beberapa mobil jenis sedan.

Tim langsung masuk ke area pemakaman yang telah disterilkan KOKAM. Dari rombongan tersebut terlihat Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Koordinator Sub Kondisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Siane Indriane, Kapolres Klaten AKBP Faizal, Wakapolres Klaten Kompol Hendri Yulianto, Kapolsek Cawas AKP Totok M, dan beberapa dokter forensik.

Pelaksanaan autopsi mendapat pengawalan ketat hingga tiga lapis, dari personel KOKAM, Dalmas Polres Klaten, dan Brimob.

Penjagaan dilakukan di dalam makam dan pagar pembatas makam. Tak hanya itu, proses autopsi juga menarik perhatian warga sekitar. Warga berduyun-duyun datang ke lokasi untuk mengikuti proses otopsi guna mengungkap kejanggalan penyebab kematian Siyono.

Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kesibukan di TPU Brengkungan mulai terlihat sekira pukul 05.00 WIB. Proses awal adalah pendirian tenda tertutup di atas makam Siyono.

Komandan KOKAM Jawa Tengah M Ismail mengatakan, autopsi dilaksanakan steril hanya oleh tim forensik. "Kami hanya laksanakan perintah PP Muhammadiyah untuk pengamanan. Sudah kami siapkan pula mobil ambulans untuk kebutuhan darurat," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0425 seconds (0.1#10.140)