Dua Kapal di Dermaga Kartini Terbakar, 3 ABK Luka Bakar

Sabtu, 02 April 2016 - 13:50 WIB
Dua Kapal di Dermaga Kartini Terbakar, 3 ABK Luka Bakar
Dua Kapal di Dermaga Kartini Terbakar, 3 ABK Luka Bakar
A A A
JEPARA - Dua kapal yang tengah bersandar di Dermaga Kartini, Jepara, Jawa Tengah, ludes terbakar. Dalam peristiwa ini, nahkoda dan dua Anak Buah Kapal (ABK) dikabarkan mengalami luka bakar.

Dua kapal yang terbakar adalah Mangrove Jaya 01 dan kapal sitaan Polair Resor Jepara. Sedang tiga korban masing-masing juru mudi Kapal Mangrove Jaya 01 bernama Udin (35) dan dua ABK-nya, yakni Giono (43), dan Aris (18).

Ketiga korban diketahui warga Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Udin mengalami luka bakar yang paling parah, mencapai 90%. Sedang Giono 70% dan Aris 20%.

"Ketiga korban langsung dilarikan ke rumah sakit," kata Syahbandar Jepara Suripto, kepada wartawan, Sabtu (3/4/2016).

Kapal Mangrove Jaya 01 merupakan armada pengangkut sembako dari Jepara tujuan Karimunjawa. Belum diketahui kerugian pasti akibat insiden ini. Namun diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishubkominfo Kabupaten Jepara Sutana mengatakan, insiden diduga dipicu percikan api saat kapal Mangrove Jaya 01 distarter untuk menyalakan mesin.

Rupanya, pembakaran mesin tidak berjalan sempurna. Meski begitu, juru mudi kapal terus berusaha menyalakan mesin. Padahal kapal itu juga memuat BBM. Diduga drum BBM itu terkena percikan api, sehingga memicu terjadinya kebakaran.

"ABK langsung berhamburan menyelamatkan diri. Tapi api lebih dulu menyambar tiga korban itu," jelasnya.

Belasan kapal yang sedang bersandar di Dermaga Kartini, langsung digeser ke tempat yang lebih aman agar tak ikut tersambar api. "Petugas kebakaran langsung datang ke lokasi. Tak berapa lama api berhasil dijinakkan," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5936 seconds (0.1#10.140)