Heli Super Puma TNI Dikerahkan Bantu Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau

Rabu, 23 Maret 2016 - 12:28 WIB
Heli Super Puma TNI...
Heli Super Puma TNI Dikerahkan Bantu Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau
A A A
PEKANBARU - Untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Riau, TNI AU mengirim Helikopter Super Puma. Heli Super Puma tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang merupakan Posko Penanggulangan Siaga Darurat Kabut Asap Riau sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Penerangan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Mayor Sus Rizwar menyatakan bahwa Heli Puma itu merupakan bantuan yang kiriman dari Pangkalan Udara Atang Sanjaya, Bogor.

"Heli Puma dari Skadron 8 di Bogor ini akan ditempatkan di Riau untuk membantu mengatasi bencana kebakaran di Riau," kata Mayor Sus Rizwar, Rabu (23/3/2016).

Untuk tahap pertama, Heli Puma ini akan memantau dimana ada titik api. Jika ditemukan kebakaran hutan dan lahan, baru menginformasikan ke pihak pemadaman.

Apakah nantinya heli ini juga akan melakukan water boombing (bom air) untuk membantu memadamkan, Rizwar menyatakan tergantung permintaan.

"Heli Puma ini bisa juga melakukan water boombing. Jadi kalau perkembangan untuk pemadaman, bisa dilakukan. Jadi tergantung situasi," kata juru bicara Lanud Pekanbaru ini.

Sampai kapan Heli Puma ini akan diperbantukan menanggulangi kebakaran hutan, Rizwar belum bisa memastikannya.

"Ini bentuk keseriusan TNI AU untuk membantu menanggulangi kebakaran. Heli siap kapan saja, untuk diperbantukan," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)