Warga Gianyar Gelar Upacara Ngerebeg untuk Mengusir Setan

Rabu, 16 Maret 2016 - 16:04 WIB
Warga Gianyar Gelar Upacara Ngerebeg untuk Mengusir Setan
Warga Gianyar Gelar Upacara Ngerebeg untuk Mengusir Setan
A A A
DENPASAR - Warga Tegallalang, Gianyar menggelar ritual Ngerebeg untuk mengusir segala sifat setan yang mempengaruhi warga di desa.

Gusti Mangku Lingsir Duur Bingin mengatakan tradisi ini merupakan untuk anak-anak mencoba mengekpresikan sebuah keburukan sebagai akibat perbuatan gelap manusia yang terjabarkan dalam Sad Ripu yakni enam musuh yang ada di dalam diri manusia.

Dari keyakinan masyarakat setempat, di antara anak-anak itu, akan ada kehadiran wong samar. Diyakini pula wong samar merasuki anak-anak, sehingga harus diberlakukan istimewa. Upacara ini digelar dari pagi hingga sore menjelang petang nanti.

"Hal ini dibuktikan saat disajikan santap siang bersama yang disebut katuran pica, anak-anak ini terus minta nambah, padahal sajiannya sudah melebihi porsi orang dewasa," paparnya.

Sementara itu Bendesa Desa Pakraman Tegallalang, I Made Jaya Kusuma menyebutkan dari tampilan anak-anak ini, setidaknya telah mewakili niat kesadaran.

Bahwa, anak-anak yang masih diselimuti stabil, akan selalu dibayangi akibat buruk. Gambaran ini secara tidak langsung disosailsasikan dari konvoi keliling desa.

"Start di Pura Duur Bingin, anak-anak yang berjumlah ratusan ini, mengelilingi desa dengan membawa hiasan bunga yang disebut Gerebeg," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6061 seconds (0.1#10.140)